androidvodic.com

Hamas Puji China yang Pro-Palestina di ICJ, Keadilan bagi Warga Palestina Tidak Boleh Diabaikan - News

Hamas Puji Tiongkok yang Pro-Palestina di ICJ, Keadilan bagi Warga Palestina Tidak Boleh Diabaikan

News- Gerakan Hamas menyambut baik sikap Tiongkok yang pro-Palestina dalam dengar pendapat publik yang diadakan oleh Mahkamah Internasional (ICJ) pada hari Kamis (22/2/2024).

Tiongkok telah mengatakan kepada ICJ bahwa keadilan bagi warga Palestina “tidak boleh diabaikan” pada sidang mengenai pendudukan Israel di wilayah Palestina.

“Keadilan telah lama tertunda, namun hal ini tidak boleh disangkal,” penasihat hukum Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Ma Xinmin, mengatakan kepada pengadilan di Den Haag, Belanda.

Gerakan ini memuji pendirian Tiongkok mengenai legitimasi hak rakyat Palestina untuk menentukan nasib sendiri melalui segala cara, termasuk perlawanan bersenjata, dan kebutuhan untuk membedakan antara terorisme dan perjuangan bersenjata rakyat Palestina melawan pendudukan Israel.

Gerakan tersebut lebih lanjut menyatakan bahwa keputusan Israel untuk memboikot proses pengadilan merupakan bukti lebih lanjut dari penghinaan mereka terhadap organisasi internasional dan kebijakan mereka yang terus menerus melanggar perjanjian dan resolusi internasional.

Hamas juga menyerukan komunitas internasional untuk mengambil sikap tegas untuk mengakhiri pendudukan Israel, dan menghentikan semua pelanggaran dan kejahatan terhadap rakyat Palestina.

Baca juga: China Kecewa Berat: Veto AS Sama Saja Beri Lampu Hijau pada Israel untuk Genosida di Gaza


Israel Boikot Mahkamah Internasional

Hamas mengatakan Israel yang telah memboikot Pengadilan Internasional ICJ telah menunjukkan penghinaan terhadap badan internasional.

“Boikot yang dilakukan pemerintah pendudukan teroris terhadap sidang Mahkamah Internasional (ICJ) sekali lagi menegaskan penghinaan mereka terhadap lembaga-lembaga internasional dan kebijakan mereka yang mengabaikan keputusan dan komitmen internasional,” kata Hamas kemarin.

Gerakan tersebut menambahkan dalam sebuah pernyataan bahwa “hal ini memerlukan sikap yang jelas dari komunitas internasional untuk mengakhiri pendudukan Zionis yang kejam, dan untuk menghentikan semua pelanggaran dan kejahatan terhadap rakyat Palestina.”

“Kami mengapresiasi sikap Republik Rakyat Tiongkok dalam audiensi publik yang diadakan ICJ mengenai akibat hukum dari kebijakan pendudukan di wilayah Palestina".

"Kami sangat menghargai pengakuan Tiongkok atas hak rakyat Palestina untuk menentukan nasib sendiri, melalui berbagai cara termasuk perlawanan bersenjata, dan perlunya membedakan antara terorisme dan perjuangan bersenjata yang dilakukan oleh rakyat Palestina melawan pendudukan Zionis.”

Dalam pidatonya kemarin, utusan Tiongkok untuk PBB, Zhang Jun, mengatakan: “Penggunaan kekuatan oleh rakyat Palestina untuk melawan penindasan asing dan menyelesaikan pembentukan negara merdeka adalah hak yang tidak dapat dicabut dan didasarkan pada hukum internasional.”

Gerakan Palestina juga menghargai posisi negara-negara yang berpartisipasi dalam sesi tersebut, yang mengutuk pelanggaran luas terhadap hukum internasional yang dilakukan oleh entitas pendudukan teroris terhadap rakyat Palestina dan tanah mereka yang diduduki, termasuk pembantaian dan genosida di Gaza, pelanggaran dan pembunuhan dan perluasan pemukiman di Tepi Barat dan Yerusalem, dan upaya untuk membawa perubahan demografis di wilayah Palestina.

Perjuangan Palestina Bukan Aksi Teroris

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat