androidvodic.com

Lebih dari 8.000 Seniman dan Kurator Ajukan Petisi untuk Coret Israel dari Acara Venice Biennale - News

Lebih dari 8.000 Seniman dan Kurator Ajukan Petisi untuk Coret Israel dari Venice Biennale

News- Lebih dari 8.000 seniman dan kurator mengajukan petisi untuk mengecualikan Israel dari Venice Biennale.

Venice Biennale adalah pameran budaya internasional yang diselenggarakan setiap tahun di Venesia, Italia oleh Biennale Foundation.

Biennale ini diselenggarakan setiap tahun sejak tahun 1895, menjadikannya yang tertua dari jenisnya. Pameran utama yang diadakan di Castello, di aula Arsenale dan Biennale Gardens, menampilkan seni dan arsitektur secara bergantian

Art Not Genocide Alliance (ANGA), sebuah kelompok aktivis yang baru dibentuk, telah meluncurkan petisi yang mendesak Israel untuk tidak berpartisipasi dalam Venice Biennale ke-60.

Surat terbuka online, bertajuk “Paviliun Tanpa Genosida di Venice Biennale”, telah mengumpulkan lebih dari 8.000 tanda tangan.

Termasuk dari mereka yang telah berpartisipasi dalam Biennale sebelumnya atau yang akan berpartisipasi dalam Biennale saat ini.

Menyoroti dugaan diamnya Biennale terhadap tindakan Israel terhadap Palestina, surat tersebut mengkritik Biennale dan kurator edisi ke-59, Cecilia Alemani, karena standar ganda setelah menyatakan dukungannya terhadap Ukraina setelah invasi Rusia pada Februari 2022.

“Biennale bungkam mengenai kekejaman Israel terhadap warga Palestina. Kami terkejut dengan standar ganda ini,” petisi tersebut menyatakan.

Baca juga: Video Saat-saat Yordania, Mesir, UEA, Qatar, dan Prancis Menjatuhkan Bantuan Udara untuk Warga Gaza

Surat tersebut menyoroti hilangnya nyawa secara signifikan di Gaza, dan mencatat bahwa perkiraan terbaru menunjukkan hingga 250 kematian warga Palestina per hari.

Selain itu, laporan ini menunjukkan bahwa apartheid Afrika Selatan menghadapi larangan berpartisipasi dalam Biennale dari tahun 1968 hingga 1993, bertepatan dengan penghapusan pemerintahan apartheid.

Sementara itu, Israel memiliki paviliun khusus di Giardini, taman tempat festival seni dua tahunan berlangsung.

“Setiap representasi resmi Israel di panggung budaya internasional merupakan dukungan terhadap kebijakannya dan genosida di Gaza,” petisi tersebut menyatakan. “Biennale sedang menerapkan negara apartheid genosida.”

Menurut The Times, warga Palestina tidak memiliki paviliun nasional khusus; namun, keterwakilan mereka dalam acara tambahan resmi Biennale tahun ini datang melalui sebuah proyek yang didirikan bersama oleh aktivis Palestina, Issa Amro, dari Hebron dan fotografer Afrika Selatan, Adam Broomberg, yang juga merupakan salah satu penandatangan petisi tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat