androidvodic.com

Mantan PM Swedia Perkirakan Persoalan Jalur Gaza akan Semakin Buruk - News

Laporan Koresponden News, Richard Susilo dari Jepang

News, TOKYO - Mantan Perdana Menteri Swedia dan mantan Utusan Khusus Sekjen PBB Kofi Annan, Carl Bildt (74) memperkirakan masalah jalur dan perang Gaza antara Palestina dan Israel akan semakin buruk di masa depan.

"Sulit membuat solusi atas kedua pihak di Jalur Gaza karena kedua pihak memang sangat keras tak mau kalah satu sama lain. Kemungkinan di masa depan perang di Jalr Gaza akan lebih buruk lagi," papar Carl Bildt kepada News, Rabu (28/2/2024).

Baca juga: Warga Gaza Bergembira Menyambut Aneka Hidangan dari Langit Semua Bersuka Cita Elu-elukan Yordania

Salah satu penyebabnya menurut Carl Bildt adalah Presiden Israel yang seperti tak mau lagi mendengar Amerika Serikat.

"Padahal Solusi di sana salah satu faktor untuk bisa rukun adalah campur tangan AS. Namun pihak Israel tampaknya mulai tak mau dengar AS lagi, sehingga permasalahan mungkin bisa semakin buruk," ujar dia.

Bildt mengaku tiga kali berusaha ikut menjembatani masalah perang di Jalur Gaza tersebut sebagai pihak PBB saat menjadi Utusan Khusus Sekjen PBB Kofi Annan.

"Namun tetap saja saling keras kepala satu sama lain, membuat sulit tercapai perdamaian," ujarnya.

Komitmen perdamaian di Timur Tengah khususnya di Jalur Gaza diakuinya memang cukup penting saat ini untuk menjaga stabilitas di kawasan.

"Bukan tidak mungkin perang di Timur Tengah itu akan menyebar ke negara tetangga ke sekitarnya di masa depan," kata dia.

Baca juga: Bakar Diri Protes Ekstrem, Aaron Bushnell: Dibandingkan yang Dialami Palestina, Ini Tidak Ekstrem

Diakuinya sulit memecahkan persoalan tersebut karena tidak ada yang mau menahan diri satu sama lain.

Sementara itu bagi para UKM Handicraft dan pecinta Jepang yang mau berpameran di Tokyo dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: info@sekolah.biz Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsapp.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat