androidvodic.com

Mesir Sedang Menyusun Rencana untuk Tanah Sinai Selatan Tercapai Mega-kesepakatan dengan UEA - News

Mesir Sedang Menyusun Rencana untuk Tanah Sinai Selatan Setelah Mega-kesepakatan dengan UEA

News- Mesir sedang menyusun rencana untuk mengembangkan Ras Gamila, hamparan pantai yang sebagian besar kosong di dekat resor Sharm El-Sheikh, kata seorang pejabat pemerintah.

Rencana itu diungkapkan beberapa hari setelah kesepakatan investasi besar-besaran Emirat diumumkan, menurut laporan Reuters.

“Sebuah komite dibentuk menyusul keputusan kabinet untuk meneliti, menyajikan dan menyiapkan visi strategis untuk mengeksploitasi wilayah tersebut,” Mansour Abdel Ghany, juru bicara Kementerian Perusahaan Umum, mengatakan pada sebuah acara bincang-bincang di Mesir pada Senin malam.

“Tidak hanya memanfaatkan Ras Gamila saja, tapi juga wilayah sekitarnya, ruang geografis dan wilayah sekitarnya,” imbuhnya.

Mesir mungkin akan melibatkan konsultan untuk membantu memutuskan cara terbaik untuk memaksimalkan manfaat dari tanah tersebut, katanya, namun menambahkan bahwa pemerintah belum memutuskan kepada siapa akan menawarkan tanah tersebut.

Mesir sedang bersiap untuk menawarkan tanah tersebut ke Arab Saudi, surat kabar Saudi, Okaz, melaporkan pada hari Minggu sebelum menghapus laporan tersebut dari situsnya.

Baca juga: Video Saat-saat Yordania, Mesir, UEA, Qatar, dan Prancis Menjatuhkan Bantuan Udara untuk Warga Gaza


Abdel Ghany membantah belum ada negosiasi untuk Ras Gamila.

Arab Saudi mengatakan, pada tahun 2018, bahwa Mesir telah berkomitmen untuk membangun wilayah yang luas di Sinai selatan untuk melengkapi kota besar dan zona bisnis yang disebut NEOM yang sedang dibangun Saudi di seberang Selat Tiran.

Ras Gamila terletak tepat di seberang Selat Tiran dari dua pulau yang disetujui Mesir untuk diserahkan ke Arab Saudi pada tahun 2017.

Lokasinya dekat dengan lokasi jembatan yang melintasi Laut Merah – sebuah ide yang diumumkan oleh Raja Saudi Salman saat berkunjung ke Kairo pada tahun 2016 – akan mendarat.

Mesir, yang sangat membutuhkan mata uang asing, menghadapi utang luar negeri yang besar dan mengalami defisit anggaran yang besar, telah meningkatkan rencana untuk menjual aset-aset negara.

Pekan lalu, dana kekayaan negara Abu Dhabi setuju untuk membayar $24 miliar untuk hak mengembangkan tanah asli di pantai utara Mesir, yang oleh Mesir disebut sebagai investasi asing langsung terbesar dalam sejarahnya.

Kesepakatan tersebut, yang mencakup tambahan investasi sebesar $11 miliar, diharapkan dapat memberikan dorongan jangka pendek yang besar bagi perekonomian Mesir yang sedang melemah.

Lembaran negara resmi mengatakan, pada hari Selasa, bahwa pemerintah Mesir telah menyerahkan 170,8 juta meter persegi tanah milik tentara kepada Otoritas Komunitas Perkotaan Baru (New Urban Communities Authority) milik negara untuk pembangunan Kota Ras El Hekma Baru, bagian dari proyek Emirat di wilayah Mediterania tersebut.

(Sumber: Middle East Monitor)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat