androidvodic.com

Negosiasi Gencatan Senjata Berakhir Tanpa Ada Putusan, Hamas Ingatkan Syarat Pertukaran Tahanan - News

News - Perundingan selama tiga hari mengenai gencatan senjata di Gaza dan pembebasan sandera Israel berakhir tanpa terobosan pada Selasa (5/3/2024).

Hal tersebut membuat pejabat senior Hamas, Osama Hamdan mengingatkan Israel terkait syarat pertukaran tahanan.

Saat konferensi pers di Beirut, Hamas mengulangi persyaratan kelompoknya untuk mencapai kesepakatan.

Ia mengatakan pertukaran sandera hanya bisa terjadi ketika Israel telah menarik seluruh pasukannya secara permanen dari Gaza.

Tidak hanya itu, syarat lainnya adalah para pemungsi di Gaza dapat kembali ke rumahnya masing-masing.

“Dalam dua hari terakhir, gerakan ini menyampaikan posisinya atas usulan yang diajukan oleh mediator persaudaraan Qatar dan Mesir. Kami menegaskan kembali kondisi kami untuk gencatan senjata: penarikan penuh dari Jalur Gaza dan pemulangan pengungsi dari daerah yang mereka tinggalkan, khususnya di wilayah utara,” katanya, dikutip dari Al-Arabiya.

Menurutnya, gencatan senjata ini tidak segera terjadi karena Netanyahu melepaskan tanggung jawabnya dan hanya mementingkan dirinya sendiri.

“Kami menyikapi usulan saudara-saudara kami di Mesir dan Qatar dengan semangat positif dan fleksibilitas yang tinggi di semua tahap perundingan. Namun, Netanyahu terus menghindari dan melalaikan tanggung jawabnya di hadapan publik, karena perhitungan politik pribadinya, mengungkapkan ketakutan dan terornya terhadap masa depan politiknya dan tahap pascaperang," jelasnya, dikutip dari Palestine Chronicle.

Dalam pidatonya, Hamdan juga meminta Amerika Serikat untuk menghentikan memasok senjata ke Israel dari pada hanya mengirimkan bantuan ke Gaza.

“Kami mengatakan kepada Washington, yang lebih penting daripada mengirimkan bantuan adalah menghentikan pasokan senjata ke Israel," tambahnya.

Negosiasi Gagal Capai Terobosan

Negosiasi selama tiga hari dengan Hamas mengenai gencatan senjata di Gaza gagal mencapai terobosan, kurang dari seminggu sebelum dimulainya bulan suci Ramadhan.

Baca juga: AS Desak Hamas Terima Kesepakatan Gencatan Senjata dengan Israel

Selama berminggu-minggu, Amerika Serikat, Qatar dan Mesri menjadi perantara antara Hamas dan Israel.

Mereka mengusulkan Hamas akan membebaskan tawanan Israel sebagai imbalan atas gencatan senjata selama enam minggu, pembebasan beberapa tahanan Palestina dan lebih banyak bantuan ke Gaza.

Namun ternyata negosiasi ini tidak mencapai keputusan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat