androidvodic.com

Rusia, Tiongkok, Iran, Melakukan Latihan Militer Angkatan Laut Bersama di Teluk Oman, Ini Tujuannya - News

Tiongkok, Iran, Rusia Melakukan Latihan Angkatan Laut Bersama di Teluk Oman, Ini Tujuannya

News- Tiongkok, Iran, Rusia melakukan latihan bersama angkatan laut di Teluk Oman.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan fokus utama latihan ini adalah untuk melindungi 'kegiatan ekonomi maritim'.

Tiongkok, Iran, dan Rusia telah memulai latihan bersama di Teluk Oman pada 12 Maret, menandai latihan militer gabungan kelima mereka dalam beberapa tahun terakhir.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa latihan tersebut akan berlangsung hingga hari Jumat dan tujuan utamanya adalah “untuk mempraktikkan keselamatan dalam kegiatan ekonomi maritim.”

“Latihan tersebut melibatkan lebih dari 20 kapal, kapal pendukung, dan kapal perang Angkatan Laut Rusia, Angkatan Laut Iran, dan Angkatan Laut PLA. Helikopter penerbangan angkatan laut juga banyak digunakan,” kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Baca juga: Detik-detik Rusia Hancurkan Peluncur Roket HIMARS Bikinan AS yang Jadi Andalan Pasukan Ukraina

Kementerian juga mencatat bahwa selama latihan tersebut, “kapal tempur ketiga negara akan bersama-sama bermanuver dan melakukan penembakan terhadap sasaran permukaan dan udara, serta mengasah elemen untuk membebaskan kapal yang dibajak oleh para perompak.”

Dijuluki Maritime Security Belt 2024, latihan angkatan laut gabungan ini juga akan menampung pengamat dari delegasi angkatan laut Azerbaijan, Kazakhstan, Oman, Pakistan, dan Afrika Selatan.

Kementerian Pertahanan Tiongkok mengatakan latihan tersebut bertujuan untuk “bersama menjaga keamanan maritim regional.”

Kementerian tersebut menambahkan dalam sebuah pernyataan bahwa “Tiongkok akan mengirim … kapal perusak berpeluru kendali Urumqi, kapal fregat berpeluru kendali Linyi, dan kapal pasokan komprehensif Dongpinghu untuk berpartisipasi dalam latihan tersebut.”

Latihan dimulai di ujung utara Samudera Hindia. Saat berbicara tentang pentingnya hal ini, Laksamana Muda Iran Mustafa Taj al-Dini mengatakan pada hari Senin bahwa Samudra Hindia bagian utara terletak di antara tiga dari lima selat strategis di dunia: Selat Hormuz di utara, Selat Malaka di utara, timur, dan Selat Bab al-Mandeb di barat kawasan Samudera Hindia yang sebenarnya berbentuk oval energi. Wilayah ini mengelilingi dunia, dan karena banyaknya lalu lintas kapal komersial dan kapal tanker minyak di wilayah sensitif ini, maka perlunya membangun keamanan perdagangan maritim menjadi dua kali lipat.”

Iran akan mengirimkan beberapa kapal dan kapal penerbangan, termasuk kapal perusak Jamaran, Dana, dan Binder, serta kapal Ganaveh, Zareh, dan Sirjan. Lainnya dari Pengawal Angkatan Laut IRGC termasuk kapal Shahid Soleimani, Abu Mahdi al-Muhandis, Shahid Mahmoudi, dan Thunder.

(Sumber: The Cradle)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat