androidvodic.com

Musuhan Soal Ukraina, Rusia Klaim Anggota Parlemen Barat Kompak Belasungkawa Soal Teror Crocus - News

News -- Meskipun bermusuhan akibat peperangan di Ukraina, anggota puluhan negara Barat kompak mengutuk dan menyatakan aksi solidaritas dengan negara tersebut setelah serangan teroris di Balai Kota Crocus, Krasnogorsk, wilayah Moskow, Rusia.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Dewan Federasi Konstantin Kosachev, yang memimpin delegasi parlemen Rusia pada Majelis ke-148 Persatuan Antar Parlemen (IPU) yang berlangsung di Jenewa.

“Di sini terdapat suasana kecaman bulat terhadap teroris, penolakan terhadap terorisme itu sendiri dan, tentu saja, simpati dan belasungkawa yang tulus kepada rakyat Rusia,” katanya kepada TASS, Selasa (26/3/2024).

Baca juga: Pemerintah Indonesia Mengutuk Aksi Teror di Moskow Rusia

Ia menekankan bahwa solidaritas dan belasungkawa diungkapkan kepada rakyat Rusia oleh “puluhan delegasi.

Ini menjelaskan ucapan belasungkawa tersebut termasuk dari perwakilan dari seluruh kelompok geopolitik IPU.

Belasungkawa dan dukungan terhadap Rusia diungkapkan pada tanggal 23 Maret oleh para peserta pertemuan asosiasi integrasi - Persemakmuran Negara-Negara Merdeka (CIS), Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO), dan BRICS.

“Delegasi kembali menemui kami di ruang sidang pleno pada 24 Maret. Mereka termasuk perwakilan Belanda dan Inggris, sejumlah negara lain, termasuk anggota NATO dan UE,” lanjut wakil ketua.

“Solidaritas dengan rakyat Rusia dalam situasi sulit ini berada di atas pertimbangan apa pun terkait sikap politik saat ini,” tambahnya.

Kosachev menambahkan bahwa delegasi Rusia “gagal memperoleh pernyataan resmi dari Persatuan Antar-Parlemen” mengenai serangan teroris di Krasnogorsk.

Menurut dia, hal ini disebabkan adanya "intrik-intrik di tingkat administratif".

“Kami sudah beberapa kali melakukan pertemuan dengan Presiden IPU Tulia Ackson dan Sekjen Martin Chungong. Mereka merujuk pada beberapa kendala prosedur, mengatakan agenda sudah disepakati, semua dokumen sudah dibahas, dan komite eksekutif yang akan diberi wewenang untuk melakukan pertemuan. Membuat pernyataan atas nama seluruh majelis, tidak akan bersidang," jelas sumber agensi tersebut.

Baca juga: Mengapa ISIS menyerang Rusia dan menganggapnya sebagai musuh?

“Mengheningkan cipta yang berlangsung pada tanggal 24 Maret didedikasikan untuk semua peristiwa tragis, termasuk yang bersifat teroris, yang telah terjadi di dunia sejak sidang sebelumnya diadakan, tanpa memberikan perhatian khusus pada tragedi di wilayah Moskow,” lanjut Kosachev.

“Ini benar-benar mengecewakan kami, dan saya sudah menyampaikan hal ini kepada Ketua dan Sekjen IPU,” tambahnya.

Dengan latar belakang tersebut, delegasi Rusia berinisiatif menyiapkan deklarasi tertulis tentang serangan teroris di Krasnogorsk.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat