androidvodic.com

Amerika Serikat Menganggap Resolusi Gencatan Senjata PBB Tidak Mengikat Israel - News

Amerika Serikat Menganggap Resolusi Gencatan Senjata PBB Tidak Mengikat Israel

News- Amerika Serikat menganggap resolusi gencatan senjata PBB tidak mengikat Israel.

Resolusi PBB yang disahkan pada hari Senin dan menyerukan gencatan senjata sementara di Gaza tidak mengikat Israel, klaim Amerika Serikat.

Semua resolusi Dewan Keamanan PBB bersifat mengikat.

Namun Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, John Kirby, mengatakan: “Ini adalah resolusi yang tidak mengikat, jadi tidak ada dampak sama sekali terhadap kemampuan Israel untuk terus menyerang Hamas.”

Kirby senada dengan sikap yang diambil Duta Besar AS untuk PBB Linda Thomas-Greenfield.

Pemungutan suara pada hari Senin adalah yang pertama di mana AS tidak menggunakan hak vetonya untuk memblokir kritik terhadap Israel.

Amerika abstain dalam pemungutan suara, sehingga resolusi tersebut disahkan.

Penggunaan tersebut secara militer dan politik mendukung kampanye pemboman brutal Israel di Gaza, menyetujui pendanaan baru senilai miliaran dolar bagi pasukan pendudukan untuk melakukan serangan mereka yang telah menewaskan lebih dari 32.400 warga Palestina, 72 persen di antaranya adalah perempuan dan anak-anak, sejak 7 Oktober 2023.

"Resolusi ini tidak mengikat, jadi tidak ada dampak sama sekali terhadap Israel dan kemampuan Israel untuk terus menyerang Hamas"

Baca juga: Tiongkok Mengatakan Resolusi Gencatan Senjata di Gaza dari Dewan Keamanan PBB Mengikat Israel

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan tidak ada perubahan dalam kebijakan Amerika Serikat terhadap Israel setelah Dewan Keamanan PBB mengeluarkan resolusi yang menuntut gencatan senjata di Gaza.

Kirby mengatakan bahwa ini adalah resolusi yang tidak mengikat, yang berarti tidak ada dampak sama sekali terhadap Israel dan kemampuan Israel untuk terus menyerang Hamas, dan resolusi tersebut tidak mewakili perubahan sama sekali dalam kebijakan AS.

Pada hari Senin, 14 anggota Dewan Keamanan PBB semuanya kecuali AS, yang abstain, memberikan suara untuk resolusi tersebut.

Resolusi tersebut menyerukan gencatan senjata segera di bulan Ramadan yang dihormati oleh semua pihak dan mengarah pada gencatan senjata berkelanjutan yang langgeng.


Tiongkok: Resolusi Gencatan Senjata Mengikat Israel

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat