androidvodic.com

Joe Biden: Negara-negara Arab Siap Akui Israel jika Palestina Merdeka - News

News - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, mengatakan negara-negara Arab, termasuk Arab Saudi, siap untuk sepenuhnya mengakui Israel dalam perjanjian di masa depan.

Joe Biden berharap hal itu dapat tercapai jika Israel dan Palestina menerapkan solusi dua negara setelah agresi Israel di Jalur Gaza selesai.

“Harus ada jalan yang mengarah pada solusi dua negara,” kata Joe Biden dalam kampanyenya di New York, Kamis (28/3/2024).

Menurutnya, solusi dua negara adalah solusi yang tepat untuk mencapai perdamaian di Timur Tengah bagi Israel dan Palestina.

Pernyataan tersebut disampaikannya di depan kamera saat upacara yang dihadiri oleh mantan presiden AS, Barack Obama dan Bill Clinton.

Joe Biden mengaku sudah membicarakan hal ini dengan sejumlah negara Arab tentang kemungkinan normalisasi hubungan mereka dengan Israel.

“Saya telah bekerja sama dengan Saudi dan negara-negara Arab lainnya, termasuk Mesir, Yordania, dan Qatar, dan ada persiapan untuk itu, dan saya yakin ini adalah sesuatu yang bisa dilakukan,” katanya, dikutip dari Maan News.

Sebelumnya, Arab Saudi berulang kali menegaskan posisinya terhadap Israel terkait dengan solusi menyeluruh terhadap masalah Palestina dan pembentukan negara Palestina dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya, sesuai perbatasan sebelum 5 Juni 1967.

Arab Saudi tidak mengakui Israel dan tidak bergabung dengan Perjanjian Ibrahim yang menjadi landasan Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain, dan Maroko menormalisasi hubungan mereka dengan Israel.

Sementara itu, selama beberapa tahun terakhir, pemerintahan Joe Biden melakukan upaya keras untuk membujuk Arab Saudi agar menormalisasi hubungan dengan Israel.

Joe Biden Cari Aman

Baca juga: AS Ogah Penuhi Daftar Permintaan Senjata ke Israel: Kami Juga Butuh Berjaga-jaga

Dalam pidatonya, Joe Biden menekankan perlunya meningkatkan pengiriman bantuan kemanusiaan ke Palestina, di sisi lain AS juga masih memasok senjata ke Israel.

Hal ini terjadi ketika meningkatnya protes dari warga AS yang menuntut pemerintahnya untuk mendorong gencatan senjata di Jalur Gaza, di tengah ancaman menurunnya suara untuk Joe Biden pada pemilu presiden AS pada November mendatang.

"Lebih banyak makanan, obat-obatan, dan perbekalan harus dikirimkan ke Palestina,” ujar Joe Biden, Kamis, dikutip dari Alhurra.

Presiden AS yang merupakan sekutu utama Israel itu mengulangi pembelaannya terhadap agresi Israel dengan alasan mempertahankan diri dari gerakan Palestina, Hamas, di Jalur Gaza.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat