androidvodic.com

Negara Kondisi Darurat, 200 Perusahaan Besar Israel Izinkan Karyawannya Demo Turunkan Netanyahu - News

Israel dalam Kondisi Darurat, 200 Perusahaan Besar Israel Izinkan Karyawannya Ikut Demo Netanyahu

News - Sebuah asosiasi yang terdiri dari 200 perusahaan besar Israel dilaporkan memberikan izin kepada karyawannya untuk mengambil cuti selama satu minggu untuk ikut terlibat dalam protes terhadap pemerintah Israel.

Secara terbuka, demostrasi besar itu menggaungkan agar Perdana Menteri Benjamin Netanyahu diganti karena dianggap gagal mengatasi Perang Gaza khususnya soal pembebasan sandera dan tahanan Israel yang ditahan Hamas

Demo tersebut juga ditujukan untuk menekan pemerintah Israel terkait negosiasi pertukaran tahanan dengan pihak Hamas, media Israel melaporkan.

Baca juga: Jalan-Jalan Utama Tel Aviv Lumpuh Total, Ribuan Warga Israel Desak Natanyahu Mengalah Demi Sandera

Secara lebih rinci, para perusahaan besar Israel itu mengumumkan kalau karyawan mereka dapat absen atau pulang kerja lebih awal untuk ikut serta dalam demonstrasi anti-pemerintah tanpa potongan apa pun dari hak cuti mereka.

Menurut situs berita Israel, Israel Hayom, CEO beberapa perusahaan itu beralasan dan memperingatkan kalau Israel sebagai sebuah negara saat ini sedang mengalami "keadaan darurat".

Forum tersebut terdiri dari perusahaan-perusahaan swasta besar di Israel, yang secara kolektif mempekerjakan sebagian besar tenaga kerja di sektor swasta, seperti dilansir situs berita Israel.

Perlu dicatat, pendanaan Israel untuk perang di Gaza telah mengakibatkan penurunan peringkat kredit untuk pertama kalinya pada bulan Februari.

Pada saat itu, Moody's memangkas peringkat kredit Israel satu tingkat, dari A1 menjadi A2, dan mencatat buruknya keuangan negara tersebut.

Variable penyerta berupa perang Gaza yang sedang berlangsung juga dinilai 'melemahkan lembaga eksekutif dan legislatif Israel."

Agresi Israel yang sedang berlangsung di Gaza menyebabkan penurunan yang signifikan dalam konsumsi swasta dan investasi, disertai dengan lonjakan pengeluaran pemerintah karena mobilisasi besar-besaran pasukan cadangan dan meluasnya perpindahan penduduk Israel.

Pemukim Israel berdemo di Tel Aviv
Pemukim Israel berdemo di Tel Aviv menentang pemerintahan Benjamin Netanyahu pada 24 Juli 2023 silam.

Tindakan Keras polisi Israel Terhadap Pengunjuk Rasa

Pada saat yang sama, protes besar-besaran meletus di Tel Aviv pada Sabtu (30/3/2024) malam.

Demonstrasi besar itu dilaporkan diikuti puluhan ribu pemukim Israel, yang berkumpul untuk memberikan tekanan pada pemerintah.

Para pengunjuk rasa turun ke jalan untuk memaksa pemerintah mempercepat negosiasi kesepakatan dengan Hamas dan mengadvokasi penjadwalan pemilu dini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat