androidvodic.com

Rusia Bongkar Nama Agen Teroris di Ukraina dalam Kasus Penembakan di Moskow - News

News - Dinas Keamanan Rusia (FSB) mengungkap peran koordinator para teroris dalam penembakan massal di Crocus City Hall, Moskow, yang terjadi pada Jumat (22/3/2024) lalu.

Salah satu terdakwa mengatakan, seorang pria bernama Saifullo menghubungi mereka dan menjanjikan masing-masing satu juta rubel.

“Saifullo menyuruh kami pergi ke Ukraina, ke Kyiv. Mereka akan memberi kami satu juta rubel di sana,” kata salah satu terdakwa saat diinterogasi dalam video yang ditayangkan Channel One, Senin (8/4/2024).

Terdakwa lain mengatakan ada bantuan yang dijanjikan kepada mereka ketika melintasi perbatasan Ukraina.

“Kami pergi ke Kyiv, di mana kami harus menunggu uang - masing-masing satu juta rubel. Saifullo mengatakan orang-orang akan menunggu kami di perbatasan Ukraina yang akan membantu kami melintasi perbatasan dan sampai ke Kiev. <...> [Koordinator memberi tahu mereka]: "Hubungi saya, nanti saya akan beri tahu Anda apa yang harus dilakukan"," katanya.

Sebelumnya, empat tersangka penembakan massal itu hendak kabur ke Ukraina.

Menurut penyelidik, para tersangka melintasi jalan raya M3 yang mengarah ke perbatasan dengan Ukraina.

Namun akhirnya dicegat sekitar 140 km (87 mil) dari wilayah Sumy di Ukraina.

Tersangka Shamsidin Fariduni mengatakan mereka telah diberitahu untuk meninggalkan mobil di dekat perbatasan dan kemudian menghubungi petugas mereka untuk mendapatkan instruksi lebih lanjut tentang cara menyeberang ke Ukraina.

Pejabat Rusia sebelumnya menyatakan jendela untuk melintasi perbatasan telah diatur di sisi Ukraina.

Kemarin, FSB mengklaim pihak Ukraina telah melakukan “aktivitas ranjau” di dekat desa Chuykovka dan Sopych, dan menunjukkan dua kemungkinan rute pelarian, seperti diberitakan TASS.

Baca juga: Rusia Tangkap 3 Agen Teroris dalam Penembakan di Moskow, Klaim Ada Jejak Ukraina

Menurut penyelidik, para tersangka diperkirakan akan menghancurkan kendaraan mereka dan melintasi perbatasan dengan berjalan kaki, menggunakan hutan sebagai tempat berlindung.

Awal pekan ini, Komite Investigasi Rusia mengatakan gambar pria pro-Ukraina telah ditemukan di ponsel salah satu tersangka.

Penembakan di Moskow

Sebelumnya, empat pria bersenjata menembaki orang-orang di Crocus City Hall, Moskow pada Jumat (22/3/2024) malam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat