androidvodic.com

Menlu Iran Resmikan Bangunan Baru Layanan Konsuler Iran di Damaskus Dekat Konsulat yang Dibom Israel - News

Menlu Iran Meresmikan Bangunan Baru untuk Layanan Konsuler Iran di Damaskus pada Hari Senin

News- Menteri Luar Negeri Iran meresmikan situs baru untuk layanan konsuler di Damaskus, Suriah.

Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amirabdollahian meresmikan situs baru untuk layanan konsuler Iran di ibu kota Suriah pada hari Senin, media pemerintah Suriah melaporkan.

Bangunan baru itu berada di sebuah gedung dekat konsulat sebelumnya yang rata dengan tanah akibat serangan udara Israel minggu lalu, Reuters melaporkan.

Serangan tersebut, yang meratakan gedung konsuler yang berdekatan dengan kedutaan Iran dan menewaskan tujuh perwira militer Iran, termasuk dua komandan senior, merupakan peningkatan serangan Israel terhadap kepentingan Iran di Suriah bersamaan dengan perang Gaza.

Tindakan ini mendapat kecaman dari PBB dan Uni Eropa karena menyerang tempat diplomatik, dan Iran telah bersumpah untuk membalas dendam.

Menteri Luar Negeri Suriah, Faisal Mekdad, menghadiri pembukaan gedung konsulat baru, bersama Amirabdollahian yang mengakhiri tur regional di Suriah, menurut kantor berita negara Suriah, SANA.

Dua pejabat tersebut kemudian mengunjungi salah satu korban luka dalam serangan tersebut, yang masih dirawat di rumah sakit.

Seorang anggota delegasi Iran mengatakan kepada Reuters bahwa gedung konsuler baru itu dimiliki oleh kedutaan dan sebelumnya merupakan markas besar perusahaan otomotif Iran-Suriah.

Dalam konferensi pers bersama, Mekdad mengatakan Suriah mendukung faksi “perlawanan” di kawasan – istilah Iran untuk sekutunya di kawasan yang merupakan musuh bebuyutan Israel – namun tidak menjelaskan apakah Suriah akan merespons secara langsung.

Amirabdollahian mengulangi bahwa Israel akan “dihukum” karena menyerang gedung konsulat tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Amirabdollahian mengakhiri kunjungannya ke Damaskus setelah pertemuan dengan Presiden Suriah, Bashar Al-Assad.

Hingga saat ini, Teheran masih menghindari keterlibatan langsung dalam perang Gaza, sambil mendukung serangan sekutu Iran terhadap sasaran Israel dan AS.


Menlu Iran Melanjutkan Tur Regional dengan Suriah

Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian meninggalkan Oman untuk mengunjungi ibu kota Suriah, Damaskus, seminggu setelah konsulat Iran di sana menjadi sasaran serangan Israel, menurut laporan media pemerintah hari ini.

Iran telah berjanji untuk membalas kematian tujuh komandan Garda Revolusi yang tewas dalam serangan itu, dan penasihat senior Pemimpin Tertinggi mengatakan kemarin bahwa kedutaan besar Israel tidak lagi aman.

Amirabdollahian memulai tur regional di Muscat kemarin, di mana ia bertemu dengan para pejabat Oman dan perwakilan Houthi Yaman Mohamed Abdelsalam, yang mengatakan kelompok itu akan terus menargetkan kapal-kapal yang menuju Israel sampai gencatan senjata tercapai di Gaza.

“Serangan terhadap gedung kedutaan Iran di Damaskus adalah langkah baru dalam penghasutan Israel dan upayanya untuk memperluas perang secara regional,” kata Amirabdollahian di Oman.

Israel biasanya tidak membahas serangan yang dilakukan pasukannya terhadap Suriah. Ketika ditanya tentang serangan pekan lalu, juru bicara militer Israel mengatakan: “Kami tidak mengomentari laporan di media asing.”

(Sumber: Middle East Monitor)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat