androidvodic.com

Utang Israel Meningkat Dua Kali Lipat Sejak Perang Gaza, Sentimen Global Semakin Negatif ke Israel - News

Utang Israel Membengkak Dua Kali Lipat Sejak Perang Gaza, Sentimen Global Semakin Negatif ke Israel

News- Utang Israel meningkat dua kali lipat sejak dimulainya perang di Gaza.

Para analis memperkirakan tahun lalu bahwa Israel akan membutuhkan sekitar $53 miliar (Rp 859 triliun) untuk memicu perangnya di Gaza.

Kementerian Keuangan Israel mengatakan pada tanggal 15 April bahwa perang di Gaza telah menyebabkan utang Tel Aviv meningkat dua kali lipat tahun lalu.

Laporan kementerian menyatakan bahwa Israel mengumpulkan utang sebesar 160 miliar shekel ($43 miliar) pada tahun 2023, 81 miliar shekel ($22 miliar) di antaranya sejak dimulainya perang pada bulan Oktober.

Sebagai perbandingan, Israel mengumpulkan total utang sebesar 63 miliar shekel ($17 miliar) sepanjang tahun 2022.

Total utang pada tahun 2023 berjumlah 62,1 persen dari produk domestik bruto (PDB), naik dari 60,5 persen pada tahun 2022 karena belanja perang dan menyusutnya PDB.

Utang publik Israel diperkirakan meningkat menjadi 67 persen pada tahun 2024.

Kementerian Keuangan mengatakan bahwa utang publik Israel meningkat 8,7 persen tahun lalu menjadi 1,1 triliun shekel ($300 miliar), sebagian disebabkan oleh inflasi dan suku bunga yang lebih tinggi.

Ketika utang menumpuk, PDB Israel terus meningkat.

Gubernur Bank of Israel Amir Yaron mengatakan bahwa semakin negatifnya sentimen global terhadap perang Israel di Gaza dapat memberikan dampak lebih lanjut pada perekonomiannya.

“Ketika sentimen terkikis, modal tak berwujud ini mungkin rusak, dan jika rusak, berpotensi merugikan cara investor memandang dan kemampuan kami,” kata Aaron.

“Dan semakin besar erosi yang terjadi, kita harus menjadi lebih baik dan bekerja lebih keras untuk mengimbanginya.”

Pada bulan Februari, muncul laporan yang mengatakan bahwa perekonomian Israel menyusut hampir 20 persen dalam rentang waktu tiga bulan perang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat