androidvodic.com

Rusia Akan Jadikan Ukraina Ajang Permalukan AS Seperti Perang di Vietnam dan Afghanistan - News

News, JAKARTA - Rusia bertekad akan mempermalukan Amerika Serikat jika negara itu benar-benar merealisasikan paket bantuan militer senilai 61 juta dolar AS kepada Ukraina.

Dewan Perwakilan Rakyat AS menyetujui paket bantuan luar negeri senilai 95 miliar dolar, hari Sabtu lalu, 20 April 2024. Hampir dua pertiganya akan digunakan untuk program-program yang berkaitan dengan Ukraina.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan AS menggunakan warga Ukraina sebagai “umpan meriam” dan berharap untuk mempertahankan Kiev dalam dukungan kehidupan sampai setelah pemilihan presiden Ukraina bulan November 2024 ini.

"Pada akhirnya, AS akan menghadapi “kegagalan besar dan memalukan yang setara dengan Vietnam atau Afghanistan," sebut Maria Zakharova.

Gelombang bantuan terbaru AS mungkin membantu memperlambat gerakan Rusia, namun tidak akan menghentikan mereka, kata beberapa pejabat Ukraina kepada Financial Times.

Tidak ada jumlah senjata dan amunisi dari Barat yang dapat menyelesaikan masalah terbesar di Kiev: kurangnya tenaga kerja, kata outlet tersebut.

Kirill Budanov, kepala intelijen militer Ukraina, juga memperkirakan “situasi yang agak sulit” di medan perang bagi pemerintah Kiev dalam beberapa bulan mendatang.

Bantuan 61 Miliar Dolar ke Ukraina

DPR AS kembali ke Washington pada hari Selasa untuk melakukan pemungutan suara mengenai bantuan perang senilai $95 miliar ke Ukraina, Israel dan Taiwan.

Pemungutan suara tersebut juga untuk mengambil langkah terakhir di Kongres untuk mengirimkan undang-undang tersebut ke meja Presiden Joe Biden setelah berbulan-bulan tertunda dan perdebatan internal yang kontroversial mengenai seberapa terlibatnya perang tersebut. Amerika Serikat harus berada di luar negeri.

Presiden AS Joe Biden mengatakan kepada Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy pada hari Senin bahwa AS akan segera mengirimkan persenjataan pertahanan udara yang sangat dibutuhkan.

Baca juga: Rusia Hancurkan Menara Pemancar TV Ukraina, Moskow Curiga Dipakai untuk Pertahanan Anti-pesawat

DPR AS menyetujui paket tersebut pada hari Sabtu melalui serangkaian empat pemungutan suara, dan mengirimkannya kembali ke Senat untuk persetujuan akhir.

“Presiden telah meyakinkan saya bahwa paket tersebut akan disetujui dengan cepat dan akan kuat, memperkuat pertahanan udara serta kemampuan jarak jauh dan artileri kami,” kata Zelenskyy dalam sebuah postingan di X, yang sebelumnya bernama Twitter.

Undang-undang tersebut juga akan mengirimkan $26 miliar bantuan masa perang ke Israel dan bantuan kemanusiaan kepada warga Gaza, dan $8 miliar untuk melawan Tiongkok di Taiwan dan Indo-Pasifik.

Baca juga: Janji AS Masih Angin Surga, Inggris Akan Kirim Missil Jarak Jauh dan Ratusan Lapis Baja ke Ukraina

Dalam upaya untuk mendapatkan lebih banyak suara, mayoritas anggota DPR dari Partai Republik juga menambahkan rancangan undang-undang ke dalam paket yang dapat melarang aplikasi media sosial TikTok di AS jika pemiliknya di Tiongkok tidak menjual saham mereka dalam waktu satu tahun.

Porsi bantuan luar negeri dalam RUU ini serupa dengan apa yang disahkan Senat pada bulan Februari dengan beberapa perubahan dan penambahan kecil, termasuk RUU TikTok dan ketentuan bahwa bantuan ekonomi ke Ukraina senilai $9 miliar adalah dalam bentuk “pinjaman yang dapat dimaafkan”.

Paket tersebut mendapat dukungan luas dari kongres sejak Biden pertama kali meminta dana tersebut pada musim panas lalu.

Namun para pemimpin Kongres harus menghadapi penolakan keras dari semakin banyak kaum konservatif yang mempertanyakan keterlibatan AS dalam perang luar negeri dan berpendapat bahwa Kongres seharusnya fokus pada lonjakan migrasi di perbatasan AS-Meksiko.

Sumber: Russia Today dan Al Arabiya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat