androidvodic.com

Netzarim Membara, Dua Tentara Israel Tewas Kena Tembak Tank Sendiri, Yang Lain Kena Ranjau Al Qassam - News

Netzarim Membara, Dua Tentara Israel Tewas Kena Tembak Tank Sendiri, Yang Lain Kena Ranjau Al Qassam

News - Dalam sepekan terakhir, koridor Netzarim di Gaza Tengah menjadi saksi konfrontasi sengit antara pasukan Israel (IDF) dan milisi perlawanan Palestina.

Membaranya pertempuran di area pembelah Gaza ini dinilai sebagai pertarungan strategis jelang rencana invasi IDF ke Rafah.

Baca juga: Operasi Netzarim Al Qassam, Adu Strategi Hamas-Israel di Koridor Pembelah Gaza Pra-Invasi Rafah

Kerasnya pertempuran diakui Tentara Israel menimbulkan korban jiwa di pihak pasukan mereka.

Tentara Israel, Selasa (30/4/2024) mengatakan dua dari sejumlah tentara yang tewas dalam konfrontasi di Jalur Gaza tengah, pada hari Minggu, terbunuh oleh peluru yang ditembakkan dari tank mereka sendiri.

Insiden friendly fire itu terjadi saat tank Israel melepaskan tembakan ke sebuah gedung tempat dua tentara IDF yang nahas tersebut berada di dalam bangunan.

"Tembakan karena “kesalahan” dalam mengidentifikasi," kata pernyataan IDF terkait friendly fire tersebut.

Kesimpulan itu berdasarkan hasil penyelidikan awal atas insiden tersebut yang diumumkan tentara Israel pada Selasa malam, dan rinciannya diterbitkan oleh surat kabar Ibrani, Haaretz.

Dalam laporannya, Haaretz merinci, dua tentara IDF yang tewas kena tembak tank sendiri adalah prajurit (reserve division) Ido Aviv (28 tahun), seorang prajurit di Batalyon Lapis Baja 9232.

Satu korban lainnya adalah prajurit (reserve divison), Kalkidan Mahari (37 tahun) , seorang prajurit di Batalyon 223, yang terafiliasi Brigade Infanteri Carmeli.

"Mereka tewas dalam pertempuran di Jalur Gaza tengah," kata IDF.

IDF menambahkan bahwa dalam insiden yang sama, seorang prajurit dari Batalyon 223, Brigade Carmeli, terluka parah.

"Dan dia dibawa ke rumah sakit dan keluarganya diberitahu," lanjut IDF.

Baca juga: Friendly Fire, Sesama Tentara Israel Saling Tembak Sendiri: Pasukan Lapis Baja Vs Infanteri di Gaza

KRISIS KRONIS - Petugas medis Israel mengevakuasi tentara IDF yang terluka. Layanan kesehatan Israel dilaporkan dalam situasi krisis kronis karena banyaknya korban IDF yang terluka dalam perang Gaza melawan Hamas.
KRISIS KRONIS - Petugas medis Israel mengevakuasi tentara IDF yang terluka. Layanan kesehatan Israel dilaporkan dalam situasi krisis kronis karena banyaknya korban IDF yang terluka dalam perang Gaza melawan Hamas. (Photo credit: Noam Revkin Fenton/Flash90)

Friendly Fire Berulang

Surat kabar Ibrani “Yedioth Ahronoth” melaporkan insiden itu dengan menyatakan kalau dua tentara tewas dan tentara ketiga terluka “tewas akibat ledakan di gedung tempat mereka berada di dekat koridor Netzarim di Jalur Gaza tengah.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat