androidvodic.com

Perang Rusia-Ukraina Hari ke-801: Serangan Drone Rusia Picu Kebakaran dan Lukai 3 Orang di Kharkiv - News

News - Berikut ini rangkuman peristiwa yang terjadi dalam perang Rusia-Ukraina hari ke-801 pada Sabtu (4/5/2024).

Puing-puing pesawat tak berawak Rusia yang jatuh menghantam sasaran sipil pada Sabtu (4/5/2024) pagi di Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina.

Serangan itu melukai tiga orang dan memicu kebakaran di sebuah gedung perkantoran.

Gubernur Kharkiv Oleh Synehubov, menulis di aplikasi perpesanan Telegram, mengatakan seorang anak berusia 13 tahun dan seorang wanita dirawat di rumah sakit, wanita kedua dirawat di rumah sakit tersebut.

"Layanan darurat berhasil mengendalikan api," tambahnya, dikutip dari The Guardian.

Perang Rusia-Ukraina Hari ke-801:

  • Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu, mengatakan pada hari Jumat (3/5/2024) bahwa pasukan Rusia telah merebut 547 km persegi wilayah di Ukraina tahun ini.

    Shoigu mengatakan, bahwa pasukan Ukraina telah mundur di sepanjang garis depan.
  • Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pada hari Jumat (3/5/2024), bahwa pasukan pertahanan udaranya menghancurkan enam drone yang diluncurkan Ukraina semalam.

    "Lima dari drone tersebut ditembak jatuh di wilayah Belgorod yang berbatasan dengan Ukraina dan satu di Semenanjung Krimea," kata kementerian pertahanan melalui aplikasi pesan Telegram.
  • Presiden dan Menteri Luar Negeri Ukraina telah mendesak Menteri Luar Negeri Inggris David Cameron untuk mempercepat pengiriman bantuan militer yang dijanjikan ke Kyiv.

Baca juga: Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-800, Menlu Inggris: Ukraina Punya Hak Serang Wilayah Rusia

  • Seorang aktivis Rusia dijatuhi hukuman 15 tahun penjara karena berupaya membakar kantor wajib militer sebagai protes terhadap tindakan Rusia di Ukraina.

    Pengadilan militer di Khabarovsk, di timur jauh Rusia, mengatakan Angel Nikolayev dihukum atas tuduhan terorisme.

    Diketahui, Angel menaruh dua botol berisi bahan yang mudah terbakar di jendela kantor wajib militer distrik di kota tersebut dan membakarnya.
  • Sejak tahun 2022, AS telah bersiap menghadapi kemungkinan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin akan berhenti menjual bahan bakar tenaga nuklir, dan larangan impor dari Rusia akan membantu meningkatkan kapasitas dalam negeri untuk memproses bahan bakar uranium, kata pejabat tinggi energi nuklir yang akan segera pensiun kepada Reuters.

    Senat AS pada hari Selasa (30/4/2024) mengeluarkan undang-undang yang melarang impor dari Rusia.

    Sebuah langkah terbaru Washington untuk mengganggu kemampuan Putin untuk membayar invasi besar-besaran ke Ukraina yang dimulai pada tahun 2022.
  • Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin, telah mengonfirmasi bahwa pasukan keamanan Rusia telah dikerahkan ke pangkalan udara yang sama dengan pasukan Amerika di ibu kota Nigeria, Niamey.

    Masih belum jelas kapan pasukan Rusia, yang telah berada di Niger selama berminggu-minggu, dikerahkan ke Pangkalan Udara 101, yang terletak di sebelah bandara internasional Diori Hamani di Niamey.

    Juga tidak jelas berapa banyak tentara yang berada di lapangan.

(News, Andari Wulan Nugrahani)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat