androidvodic.com

Israel Serang Rafah usai Hamas Sepakat Gencatan Senjata, Pejuang Gaza Tembakkan Roket ke Israel - News

Israel Serang Rafah usai Hamas Sepakat untuk Gencatan Senjata, Hamas Tembakkan Roket ke Israel Selatan

News- Militer Israel mengatakan telah melakukan “serangan yang ditargetkan” terhadap milisi Palestina Hamas di Rafah bagian timur, setelah mendesak warga sipil untuk evakuasi.

Sebagai balasan, kelompok milisi di Gaza menembakkan roket ke Israel selatan.

Operasi militer Israel dimulai setelah Hamas menerima perjanjian gencatan senjata, yang kemudian ditolak oleh Israel karena dianggap “jauh dari memenuhi tuntutan Israel”.

Belum jelas apa yang disetujui Hamas, namun usulan tersebut diperkirakan mencakup pembebasan warga Israel yang disandera Hamas dan pemulangan warga Palestina ke Gaza.

Sebelumnya, Israel telah mendesak 100.000 warga Palestina untuk meninggalkan Rafah timur sebelum operasi militer “terbatas” dilakukan.

Militer Israel mengatakan ini bukan evakuasi skala besar dan pengungsi akan diarahkan ke kota-kota tenda di Khan Younis dan al-Mawasi.

Perang dimulai ketika pejuang Hamas menyerbu Israel selatan pada tanggal 7 Oktober, menewaskan sekitar 1.200 orang dan menyandera 252 orang, menurut penghitungan Israel.

Lebih dari 34.700 orang telah terbunuh di Gaza sejak itu, kata kementerian kesehatan yang dikelola Hamas

Berikut ini adalah yang kami ketahui tentang serangan terbaru Israel terhadap Gaza.

‘Serangan yang ditargetkan’ di Rafah usai Hamas setujui kesepakatan
Pasukan pertahanan Israel (IDF) mengumumkan mereka melakukan serangan di Rafah pada Senin (06/05) malam waktu setempat. “Serangan yang ditargetkan” itu menyasar Hamas di Rafah timur, kata IDF.

Kantor berita Associated Press mengatakan tank-tank Israel terlihat menuju Rafah, pada rute yang sangat dekat dengan perbatasan Gaza dan Mesir – namun BBC tidak dapat memverifikasi hal ini secara independen.

Gambar-gambar suar yang menerangi langit kota Gaza pada Senin, yang dikirim ke BBC oleh seorang petugas medis Palestina, mungkin menunjukkan keterlibatan pasukan darat dalam serangan tersebut – karena suar sering digunakan untuk penerangan dan penandaan sasaran.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat