androidvodic.com

Istana Kremlin Gelar Pesta Mewah, Putin Sah Dilantik Jadi Presiden Rusia Seumur Hidup - News

Laporan Wartawan News Namira Yunia Lestanti

News, MOSKOW – Vladimir Putin resmi dilantik sebagai presiden ke-5 Rusia, menjadikannya sebagai pemimpin negara seumur hidup usai sukses meraup 87 persen suara dalam pemilihan presiden (pilpres) yang digelar pada awal Maret lalu.

Untuk merayakan pelantikan Putin, istana Kremlin bahkan turut menggelar pesta super meriah. Dengan iring-iringan mobil mewah Putin diarak dari kediamannya menuju ke Istana Grand Kremlin Moskow, sebagaimana dikutip dari Channel News Asia.

Tak sampai disitu untuk menyambut kedatangan pria 71 tahun itu, koridor istana menuju Saint Andrew Hall yang akan digunakan sebagai lokasi pengambilan sumpah presiden ikut dihias dengan berbagai ornamen mewah nan cantik.

Baca juga: Vladimir Putin Dilantik Jadi Presiden Dengan Memasukkan Empat Wilayah Ukraina Masuk Rusia

Adapun Pelantikan tersebut digelar dua hari sebelum Rusia memperingati "Hari Kemenangan" atau hari perjuangan Rusia melawan Nazi Jerman pada Perang Dunia II yang jatuh pada tanggal 9 Mei.

Putin Jadi Presiden Seumur Hidup

Vladimir Putin sukses memenangkan hasil penghitungan suara sementara kontestasi pemilu Rusia dengan perolehan suara 87,8 persen. Mengungguli empat lawannya yakni Nikolai Kharitonov, Duma Negara, Leonid, dan Vladislav Davankov.

Perolehan suara itu menandai kemenangan Putin sebagai presiden Rusia untuk kelima kalinya hingga 2036 mendatang, memperpanjang masa kepemimpinannya yang sebelumnya sudah berlangsung 24 tahun tepatnya pada 1999 silam.

Sebagai informasi kemenangan Putin pertama kali terjadi pada tahun 2000 selanjutnya Putin dilantik sebagai Presiden Rusia Tahun 2008 dan 2012. Pada tahun 2018, Putin juga kembali menjadi Presiden Rusia setelah memenangkan pemilu dengan 76 persen suara.

Hingga akhirnya pada pemilu kali ini Putin kembali mendulang suara terbanyak dan resmi menjadi Presiden Rusia. Dengan masa jabatan tersebut Putin bahkan berhasil melampaui rekor pemerintahan diktator Soviet Joseph Stalin yang hanya sanggup memimpin Rusia selama hampir 30 tahun.

Jabatan seumur hidup ini didapatkan Putin lantaran pada 2021 silam ia menandatangani undang-undang yang memungkinkan dia mencalonkan diri untuk dua masa jabatan presiden lagi. Hal ini menjadikannya penguasa terlama di Rusia sejak diktator Soviet Joseph Stalin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat