androidvodic.com

IDF Bawa Pasukan Buldozer ke Khan Yunis, Qassam Bertahan Mati-matian di Rafah, Hamas: Kuburan Israel - News

IDF Bawa Pasukan Buldozer ke Khan Yunis, Hamas Bertahan Mati-matian di Rafah, Qassam: Kuburan Tentara Israel

News - Israel dilaporkan sudah memulai operasi perluasan invasi militer ke Rafah, Gaza Selatan pada Sabtu (11/5/2024).

Selain Gaza Selatan, Pasukan Israel (IDF) menyatakan akan melakukan operasi kembali ke Gaza Utara, khususnya ke Kamp Jabalia untuk memblok Hamas me-rebulid pasukan di wilayah tersebut.

Baca juga: AS Sebut Israel Tak Terbukti Langgar Hukum Internasional, IDF Bersiap Gempur Total Rafah dan Jabalia

Dalam pengumuman perintah evakuasi ke warga sipil Palestina di dua wilayah Gaza tersebut, IDF menyatakan akan mengerahkan 'kekuatan besar' pasukan dalam operasi militernya.

Satu di antara kekuatan besar itu rupanya menyertakan pasukan buldozer saat tentara IDF mulai menyerbu daerah Al-Farahin, sebelah timur Abasan Al-Kabira, di Khan Yunis, Gaza Selatan, pada Sabtu pagi.

 "Sumber-sumber Palestina mengatakan bahwa pasukan pendudukan melakukan operasi buldoser besar-besaran di daerah tersebut," tulis laporan Khaberni.

Khan Yunis merupakan area penting bagi IDF untuk dikuasai.

Pengerahan buldozer dalam sebuah operasi pembongkaran besar-besaran menyiratkan strategi perang untuk menjadikan wilayah tersebut sebagai wilayah perlindungan pasukannya saat menggempur total Rafah.

Baca juga: Maut Menanti Israel di Rafah, Bersiap Hadapi Terowongan Maut, Ruang Komando, Markas Rahasia Hamas

Jarak antara Khan Yunis dan Rafah di Gaza Selatan yang berkisar 8 mil atau 7 Kilometer.
Jarak antara Khan Yunis dan Rafah di Gaza Selatan yang berkisar 8 mil atau 7 Kilometer. (tangkap layar)

Sebagai catatan, Rafah dan Khan Yunis hanya berjarak sekitar 8 mil atau 7 Kilometer, perimeter ideal bagi basis pasukan untuk maju dan mundur dari dan ke lokasi pertempuran.

"Mereka untuk mengubahnya menjadi daerah perlindungan potensial sehubungan dengan pembicaraan tentang Pertempuran Rafah, serta keinginan untuk beristirahat dan memulihkan kesiapan pasukan Israel," papar Pakar militer dan strategis, Kolonel Hatem Karim Al-Falahi.

Meski membombardir Khan Yunis, Israel tidak sepenuhnya menguasai wilayah tersebut. Tercatat, serangan-serangan sergapan milisi perlawanan Palestina membuat banyak prajurit IDF roboh.

Baca juga: Mundur Tanpa Hasil, Ini yang Bikin Tentara Israel Gagal di Khan Yunis, Mati Kutu di Perang Kota

Petempur Brigade Al-Qassam, sayap militer gerakan Hamas di Gaza. Israel dilaporkan banyak mengalah dalam tawaran final ke Hamas terkait proposal pertukaran tahanan dan sandera untuk gencatan senjata di Gaza.
Petempur Brigade Al-Qassam, sayap militer gerakan Hamas di Gaza. Israel dilaporkan banyak mengalah dalam tawaran final ke Hamas terkait proposal pertukaran tahanan dan sandera untuk gencatan senjata di Gaza. (khaberni/HO)

Hamas Akan Mati-matian Bertahan di Rafah 

Seiring rencana IDF melancarkan operasi militer skala besar di Rafah, surat kabar Israel Yedioth Ahronoth melaporkan, mengutip sumber-sumber di tentara Israel, kalau gerakan Hamas akan mempertahankan garis perlawanannya di kota tersebut.

"Hamas akan tetap berada di Rafah bahkan jika operasi militer terus berlanjut di seluruh kota, dan tidak ada solusi ajaib," tulis laporan tersebut.

Ini artinya, Rafah akan menjadi medan perang yang sangat berbahaya bagi jutaan pengungsi yang masih terperangkap di kota tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat