androidvodic.com

50 Tentara Israel Terluka Dirudal Antitank oleh Brigade Qassam di Al-Jeneina dan As-Salam, Rafah - News

50 Tentara Israel Terluka Gosong Dirudal Antitank oleh Brigade Qassam di Al-Jeneina dan As-Salam Rafah

News- Bentrokan sengit antara pejuang Gaza dengan tentara Israel di Gaza menyebabkan puluhan korban terluka di pihak Israel.

Israel telah memperluas operasi di tengah perlawanan keras Palestina tidak hanya di Rafah tetapi juga di seluruh Gaza.

Israel mengumumkan setidaknya 50 tentara terluka dalam 24 jam terakhir, di tengah perluasan pertempuran antara pasukan Israel dan pejuang Hamas, Al-Jazeera melaporkan pada 13 Mei.

Korban jiwa ini terjadi ketika Israel memperluas serangannya terhadap Rafah di perbatasan Mesir dan memperbarui operasi di lingkungan Zeitoun, sebelah timur Kota Gaza, dan di kamp pengungsi Jabaliya serta Beit Hanoun dan Beit Lahiya di Gaza utara.

Pada hari Minggu, tank-tank Israel maju ke lingkungan al-Jeneina dan As-Salam di Rafah, di mana mereka dihadang oleh anggota Brigade Qassam, sayap militer Hamas, yang menggunakan rudal jarak pendek dan rudal antitank.

Tangkapan layar yang menunjukkan tentara Israel (IDF) terkena ledakan yang diluncurkan milisi perlawanan Palestina di Gaza.
Tangkapan layar yang menunjukkan tentara Israel (IDF) terkena ledakan yang diluncurkan milisi perlawanan Palestina di Gaza. (tangkap layar)

Sekitar 350.000 pengungsi Palestina telah meninggalkan Rafah menjelang kemajuan Israel.

“Jalan-jalan yang sebelumnya dipenuhi [orang-orang] yang tinggal di tenda-tenda darurat, sebagian besar tenda-tenda tersebut telah dibongkar dan orang-orang mengungsi. Area di sekitar gedung PBB [di pusat kota] tidak dapat dikenali… semua orang yang berada di sana yang mencari perlindungan di sana telah melarikan diri,” kata Dr. James Smith, seorang petugas medis Inggris yang saat ini berada di Rafah, kepada The Guardian.

Surat kabar Inggris itu menambahkan bahwa pertempuran di seluruh Gaza disertai dengan serangan udara dan penembakan besar-besaran Israel.

“Bombardir dari udara dan darat belum berhenti sejak kemarin, mereka melakukan pengeboman di mana-mana, termasuk di dekat sekolah yang menjadi tempat tinggal warga yang kehilangan tempat tinggal. Perang kembali dimulai, begini penampakannya,” kata Saed, 45, warga warga Jabaliya, kepada The Guardian.

Militer Israel mengatakan jet tempur dan pesawat lainnya menyerang sekitar 30 sasaran Hamas di Jabaliya, menewaskan beberapa pejuang, menjelang masuknya Divisi ke-98 ke dalam kamp tersebut.

IDF mengatakan Divisi ke-99 sedang memerangi Hamas di lingkungan Zeitoun di Kota Gaza dan mengklaim telah membunuh beberapa pejuang Hamas dalam pertempuran jarak dekat dan serangan udara di sana.

Militer menambahkan bahwa di seluruh Gaza pada hari Minggu, mereka melakukan serangan udara terhadap lebih dari 150 sasaran, menurut militer Israel.

Abdel-Kareem Radwan, warga Palestina berusia 48 tahun di Jabaliya, menggambarkan pemboman yang intens dan terus-menerus sejak Sabtu sebagai “kegilaan.”

Dr. Adam Hamawy, seorang ahli bedah trauma yang menjadi relawan di Gaza dan sebelumnya bertugas bersama tentara AS di Irak, mengatakan kepada MSNBC pada hari Minggu bahwa:

“Saya telah melihat pertempuran di zona perang...tidak seperti ini...Saya telah melakukannya lebih banyak amputasi dan melihat lebih banyak amputasi traumatis pada anak-anak daripada yang pernah saya lihat sepanjang karier saya dalam dua minggu terakhir."

Baca juga: Massa Pemukim Israel Menyerang Truk Bantuan Yordania saat Jutaan Orang di Gaza Menghadapi Kelaparan

"Saya telah melihat pertempuran di zona perang...ini tidak seperti ini...Saya telah melakukan lebih banyak amputasi & melihat lebih banyak amputasi traumatis pada anak-anak daripada yang pernah saya lihat sepanjang karier saya dalam 2 minggu terakhir." Dr Adam Hamawy, ahli bedah trauma yang bertugas di Irak, tentang kondisi di Gaza" tulis akun X @AymanMSNBC.

(Sumber: The Cradle)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat