androidvodic.com

Inggris Panggil Dubes China Terkait Dugaan Spionase di Dunia Maya - News

News, LONDON - Pemerintah Inggris pada Selasa (14/5/2024) memanggil Duta Besar (Dubes) China Zheng Zeguang sehari setelah tiga orang didakwa dalam kasus dugaan spionase terbaru terkait China.

Seorang Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Inggris dengan tegas menyatakan bahwa pola perilaku yang dilakukan China terhadap Inggris baru-baru ini, termasuk serangan dunia maya, laporan hubungan spionase, dan pemberian hadiah, tidak dapat diterima.

Kementerian tersebut mengatakan bahwa pemanggilan dubes tersebut menyusul pengumuman pada hari Senin bahwa tiga orang telah didakwa membantu badan intelijen Hong Kong.

Chi Leung Wai, 38, Matthew Trickett, 37, dan Chung Biu Yuen, 63, semuanya berasal dari Inggris tenggara, kemudian dibebaskan dengan jaminan.

Pemerintah Hong Kong mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa salah satu dari tiga orang yang didakwa adalah manajer kantor perdagangannya di London.

Baca juga: Uni Eropa Diguncang Rangkaian Kasus Spionase

Kantor Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak di Downing Street menyebut tuduhan itu "sangat memprihatinkan".

Namun komisaris urusan luar negeri Tiongkok di wilayahnya di Hong Kong mengecam keras Inggris karena “mengarang tuduhan” dan menuduh Inggris mempunyai “niat jahat untuk ikut campur” dalam urusan Hong Kong.

Kantor tersebut memperingatkan bahwa Inggris akan menerima "balas dendam yang tegas dan kuat dari Tiongkok".

Kasus terbaru ini terjadi setelah dua pria, salah satunya bekerja di parlemen Inggris, bulan lalu didakwa bertugas melakukan spionase untuk China di wilayah Inggris.

Mereka akan diadili tahun depan.

Kepala GCHQ, badan intelijen, keamanan dan dunia maya Inggris,  memperingatkan bahwa China menimbulkan “risiko dunia maya yang nyata dan semakin meningkat”.

“Tiongkok (China) telah membangun serangkaian kemampuan dunia maya yang canggih dan mengambil keuntungan dari ekosistem komersial yang berkembang yang terdiri dari perusahaan peretas dan pialang data yang mereka miliki,” kata direktur GCHQ Anne Keast-Butler pada konferensi Cyber ​​UK di Birmingham, Inggris tengah.

“Melalui tindakan koersif dan destabilisasi yang mereka lakukan, RRT (Republik Rakyat Tiongkok) menimbulkan risiko yang signifikan terhadap norma dan nilai-nilai internasional,” tambahnya.

Badan intelijennya kini mencurahkan “lebih banyak sumber daya ke China dibandingkan misi apa pun lainnya”, jelas kepala mata-mata tersebut.

Inggris telah terang-terangan menentang undang-undang keamanan nasional baru pemerintah Hong Kong, yang dianggap mengikis hak dan kebebasan wilayah tersebut.

Mereka telah berulang kali mengecam perlakuan terhadap aktivis pro-demokrasi di bekas jajahan Inggris tersebut, dan meluncurkan skema visa yang memungkinkan penduduk Hong Kong datang ke Inggris.

Akibatnya, wilayah ini menjadi tempat perlindungan bagi para pembangkang, termasuk politisi pro-demokrasi terkemuka Nathan Law.

Sumber: AFP

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat