androidvodic.com

Warga Israel Serang dan Bakar Truk Bantuan ke Gaza di Tarqumiya, Paket Bahan Pangan Dirusak - News

Laporan Wartawan News Namira Yunia Lestanti

News GAZA – Warga pemukim Israel yang menggelar aksi demo ke jalan di negaranya kembali membuat aksi gila dengan mencegat iring-iringan truk pembawa bantuan bahan pangan dan paket makanan menuju Gaza yang melintas pemeriksaan Tarqumiya di Tepi Barat.

Massa yang mengamuk juga merusak dan menumpahkan muatan bahan pangan dari truk ke jalanan lalu menginjak-injaknya. Mereka juga membakar truk tersebut.

Rekaman video yang beredar di sosial media memperlihatkan aksi keji warga Israel yang memblokade truk-truk bantuan dari Yordania yang tengah memasuki kawasan pemeriksaan Tarqumiya di sebelah barat Hebron.

Selain menghadang truk, mereka juga naik ke atas kendaraan dan mulai menjatuhkan tumpukan bantuan ke jalan. Tak lama dari itu, mereka mulai menginjak-injak berbagai bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina di Jalur Gaza.

Salah satu barang yang menjadi incaran warga Israel adalah puluhan kardus mie instan Indomie. Pendemo bahkan membakar sejumlah kendaraan di pos pemeriksaan Tarqumiya di Tepi Barat.

Mengutip dari BBC International aksi keji ini dilakukan warga Israel sebagai bentuk protes atas tindakan Hamas yang tak kunjung melepaskan para sandera Israel. Adapun ada tujuh truk bantuan yang dirusak oleh demonstran Israel dalam 24 jam terakhir.

“Kami mendengar truk bantuan sedang dalam perjalanan ke tangan Hamas, yang mencoba membunuh tentara lain dan warga Israel lainnya,” kata Hana Giat, Seorang pengunjuk rasa asal Israel.

Baca juga: Uni Eropa Kutuk Aksi Keji Ekstremis Israel yang Rusak Truk Bantuan ke Jalur Gaza

“Memblokir truk adalah langkah efektif dan praktis di mana kami menyerukan bahwa tidak ada bantuan yang diberikan sampai sandera terakhir kembali,” imbuhnya.

Ini bukan pertama kalinya pemukim Israel mencoba menghentikan aliran bantuan ke Gaza. Pekan lalu, warga Israel memblokir jalan dekat kota Mitzpe Ramon untuk memprotes pengiriman truk bantuan ke wilayah tersebut.

Mereka turut menyebarkan batu di seberang jalan untuk mencegah kendaraan lewat hingga menyebabkan kemacetan lalu lintas.

AS Kutuk Penghadangan dan Perusakan Bantuan Pangan ke Gaza

Aksi pengunjuk rasa Israel yang menginjak-injak bantuan kemanusiaan untuk Gaza membuat Amerika Serikat (AS) marah.

Penasehat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan menyebut, tindakan ini sama sekali tidak dapat diterima.

Baca juga: Takut Dimusuhi Mesir, Israel Buka Penyeberangan Rafah di Gaza Selatan

"Sangat disayangkan ada orang yang menyerang dan menjarah konvoi. Ini adalah perilaku yang benar-benar tidak dapat diterima," kata Sullivan, dikutip dari The Times of Israel.

Sejauh ini, ada empat orang yang telah ditangkap akibat merusak muatan truk berisi paket bahan makanan untuk warga Palestina di Jalur Gaza.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat