androidvodic.com

Mesir Tolak Skema Israel untuk Buka Penyeberangan Rafah, Singgung Pelanggaran Perjanjian Philadelphi - News

Mesir Menolak Skema Israel untuk Buka Kembali Penyeberangan Rafah

News- Mesir menolak skema Israel untuk membuka kembali penyeberangan Rafah.

Israel dengan kekerasan mengambil kendali atas penyeberangan Rafah dan memblokir masuknya bantuan ke Gaza hanya beberapa jam setelah Hamas menerima proposal gencatan senjata yang langgeng.

Para pejabat Mesir telah menolak usulan Israel untuk mengoordinasikan pembukaan kembali penyeberangan Rafah ke Gaza dan untuk mengelola operasinya di masa depan, menurut sumber-sumber Mesir yang berbicara dengan Reuters.

Pejabat Shin Bet dilaporkan menyampaikan rencana tersebut ke Kairo pada tanggal 15 Mei, yang mencakup mekanisme bagaimana mengatur penyeberangan setelah penarikan Israel.

Baca juga: Benjamin Netanyahu Menuduh Mesir Menyandera Warga Gaza dengan Menolak Bekerja Sama dengan Israel

Delegasi Israel melakukan perjalanan ke negara tetangga tersebut “terutama untuk membahas masalah seputar Rafah, mengingat perkembangan terkini, menurut seorang pejabat di Tel Aviv yang dikutip oleh outlet berita Inggris.

Juru bicara Israel David Mencer pada hari Rabu mengklaim Mesir menolak permintaan Israel untuk membuka Rafah bagi warga sipil Gaza yang ingin melarikan diri.

Komentar ini disusul oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu yang menuduh Kairo menyandera rakyat Gaza dengan tidak bekerja sama dengan Israel.

“Maksudku, itu bukan masalah kita. Kami tidak akan menunda pembukaan Rafah,” kata Netanyahu hanya satu minggu setelah militer Israel mengambil alih penyeberangan Rafah dengan kekerasan.

“Saya harap Mesir mempertimbangkan apa yang saya katakan sekarang. Tidak seorang pun boleh menyandera penduduk Palestina dengan cara apa pun, dan saya tidak akan menyandera mereka,” perdana menteri Israel, yang menghadapi tuduhan genosida di Mahkamah Internasional (ICJ) dan kemungkinan surat perintah penangkapan dari Pengadilan Kriminal Internasional ( ICC).

Sebagai tanggapan, Kairo mengecam apa yang digambarkannya sebagai upaya putus asa untuk mengalihkan kesalahan atas terhambatnya bantuan.

Pengambilalihan penyeberangan Rafah oleh Israel merupakan pelanggaran terhadap Perjanjian Philadelphi, yang ditambahkan ke dalam perjanjian perdamaian Israel-Mesir pada tahun 2005 setelah evakuasi pemukiman Israel di Gaza.

Sebelum Tel Aviv mengambil alih penyeberangan tersebut, Kairo memperingatkan secara terbuka bahwa tindakan apa pun merupakan garis merah yang akan membahayakan perjanjian perdamaian.

Media Barat melaporkan pekan ini bahwa Tel Aviv telah mengumpulkan cukup pasukan di dekat Rafah untuk melancarkan invasi besar-besaran ke kota yang terkepung itu ketika ratusan ribu warga Palestina melarikan diri demi menyelamatkan nyawa mereka.

Ketika krisis ini memburuk, Mesir telah mengumumkan akan secara resmi bergabung dalam kasus Afrika Selatan yang menuduh Israel melanggar Konvensi Genosida PBB di Gaza di ICJ.

(Sumber: The Cradle)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat