androidvodic.com

Awan dan Suhu Rendah Disertai Kabut Terjadi saat Helikopter Presiden Iran Jatuh - News

News - Helikopter yang ditumpangi Presiden Iran, Ebrahim Raisi mengalami kecelakaan saat sedang perjalanan pulang dari upacara pembukaan bendungan di perbatasan Iran dengan Azerbaijan.

Menurut laporan CNN, saat helikopter yang membawa Presiden Ebrahm Raisi dan delapan orang lainnya jatuh, wilayah tersebut sedang mengalami cuaca buruk.

Awan menggantung rendah dan suhu lebih dingin dari rata-rata di wilayah tersebut.

Meskipun sulit untuk mendapatkan data cuaca yang dapat diandalkan di wilayah dataran tinggi di negara tersebut, Tabriz, kota besar yang paling dekat dengan lokasi kecelakaan dan tujuan helikopter, menunjukkan suhu di bawah rata-rata yaitu 9,2 derajat Celsius sekitar waktu kecelakaan.

Kondisi yang buruk ini juga dikonfirmasi oleh pemerintah Iran.

"Sebuah helikopter yang membawa presiden Iran jatuh saat cuaca buruk," kata pemerintah Iran, dikutip dari Sky News.

Cuaca Buruk Mempersulit Upaya Pencarian dan Penyelematan

Cuaca buruk dan jarak pandang yang rendah mempersulit upaya penyelamatan di lokasi kejadi.

Menurut laporan IRNA, lokasi kejadian diketahui berada di suatu tempat di kawasan Hutan Dizmar antara desa Ozi dan Pir Davood.

Menteri Kesehatan Iran, Bahram Eynollahi, telah memperingatkan bahwa lokasi jatuhnya pesawat sangat berkabut, sehingga menyulitkan tim penyelamat untuk melakukan pencarian.

Eynollahi juga telah menyiapkan segala perawatan medis untuk para korban di lokasi kejadian.

"Kami telah menyiapkan fasilitas perawatan. Kami sekarang berada di daerah tersebut dan semua pasukan penyelamat sedang sibuk melakukan pencarian,” katanya, dikutip dari CNN.

Baca juga: 4 Pertanyaan setelah Meninggalnya Ebrahim Raisi, Apa Bedanya Presiden dan Pemimpin Tertinggi Iran?

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Iran Ahmad Vahidi, yang mengatakan "berbagai tim penyelamat" masih mencari helikopter tersebut.

"Dibutuhkan waktu untuk sampai ke lokasi jatuhnya pesawat karena kondisi cuaca buruk dan kabut di daerah tersebut," katanya, dikutip dari BBC.

Setelah pencarian dalam waktu berjam-jam, puing-puing helikopter beserta 9 penumpang ditemukan.

Presiden Raisi dan Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian, Gubernur Provinsi Azerbaijan Timur, serta 7 pejabat dan pengawal lainnya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

“Presiden Raisi, menteri luar negeri dan seluruh penumpang helikopter tewas dalam kecelakaan itu,” kata seorang pejabat Iran senior kepada Reuters.

(News/Farrah Putri)

Artikel Lain Terkait Lain Helikopter Presiden Iran Jatuh

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat