androidvodic.com

Pernyataan Dunia Tanggapi Kecelakaan Presiden Iran Ebrahim Raisi, Hamas dan Houthi Bersedih - News

News -- Presiden Azerbaijan Ilham Aliyef sangat kaget dan syok mendengar helikopter yang ditumpangi Presiden Iran Ebrahim Raisi dikabarkan jatuh.

Pasalnya, sepanjang Minggu (19/5/2024) pagi keduanya bersama-sama meresmikan sebuah bendungan yang digunakan oleh kedua negara yaitu bendungan Qis Qalasi.

Aliyef menyatakan keprihatinannya atas insiden tersebut dan menyatakan ibu kota Baku siap membantu negara sahabat tersebut.

Baca juga: Negara Turki Kirimkan Bantuan Helikopter Penyelamat Penglihatan Malam Untuk Membantu Iran

Selain Azerbaijan, kantor berita IRNA menyebutkan sejumlah negara pun turut menyatakan renspons atas jatuhnya pesawat presiden tersebut. Negara-negara itu antara lain:

1. Armenia

Kementerian Luar Negeri Armenia mengungkapkan keterkejutannya dalam postingan di akun X-nya.

“Pikiran dan doa kami bersama Presiden Raisi dan Menteri Amirabdollahian serta semua orang lain yang dilaporkan berada di lokasi. Ketika operasi penyelamatan terus berlanjut, Armenia, sebagai tetangga dekat dan bersahabat dengan Iran, siap memberikan semua dukungan yang diperlukan.”

2. Turki

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyampaikan simpatinya dan mengatakan bahwa dirinya mengikuti perkembangan terkait insiden tersebut.

Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat Turkiye juga mengumumkan bahwa mereka telah mengirimkan tim ke Iran untuk membantu operasi pencarian dan penyelamatan Raisi dan rombongan.

3. Pakistan

Di Pakistan, Perdana Menteri Shehbaz Sharif, Presiden Asif Ali Zardari dan Ketua Parlemen Sardar Ayaz Sadiq mengeluarkan pesan terpisah, menyatakan keprihatinan mendalam atas insiden yang melibatkan Presiden Raisi dan rombongannya.

Mereka mendoakan Raisi dan menyatakan solidaritasnya terhadap bangsa Iran di masa-masa sulit ini.

Baca juga: Negara Turki Kirimkan Bantuan Helikopter Penyelamat Penglihatan Malam Untuk Membantu Iran

4. India

Perdana Menteri India Narendra Modi mengeluarkan pesan di platform media sosial X, menyatakan keprihatinan yang mendalam, dengan mengatakan “kami berdiri dalam solidaritas dengan rakyat Iran di saat-saat sulit ini, dan berdoa untuk kesejahteraan Presiden dan rombongannya.”

5. Afghanistan

Afghanistan juga bereaksi. Kementerian Luar Negeri pemerintah Taliban yang berkuasa mengatakan di halaman Telegram-nya bahwa mereka mengikuti laporan mengenai presiden Iran dan tim pendampingnya, dan menyatakan harapan bahwa mereka dapat ditemukan sesegera mungkin.

6. Irak

Presiden Irak Abdul Latif Rashid menyatakan keprihatinannya dan mengatakan bahwa dia telah membahas insiden tersebut dengan duta besar Iran untuk Bagdad.

Ia juga melakukan percakapan telepon dengan Wakil Presiden Iran Mohammad Mokhber dan mendoakan Presiden Raisi dan delegasi yang mendampinginya baik-baik saja atas nama pemerintah dan rakyat Irak.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat