androidvodic.com

Rusia Caplok Pletenevka, Lokasi Tentara Ukraina Tembaki Wilayah Rusia - News

News -- Rusia mengklaim telah membebaskan pemukiman Pletenevka di Wilayah Kharkov pada Senin (20/5/2024).

Meski posisinya masih dekat perbatasan, pencaplokan pemukiman ini dianggap sebagai perolehan penting bagi pasukan Vladimir Putin.

Pasalnya, dari daerah inilah pasukan Ukraina diklaim sering menyerang wilayah Belgorod, Rusia. Mereka menyerang wilayah Rusia menggunakan drone, rudal dan roket.

Baca juga: Rencana Putin di Kharkov Terungkap, Pasukan Ukraina Susah Payah Lakukan Perlawanan

Ukraina menuding Belgorod sebagai daerah yang digunakan Rusia menjadi pos tantara dan logistik sebelum menyerang ke wilayah Donbass, timur Ukraina.

Karenanya, tentara Volodymyr Zelensky secara intensif melakukan penyerangan ke Belgorod dengan menyasar infrastruktur militer dan energi Rusia.

“Sejak awal operasi militer khusus, militan unit nasionalis Ukraina telah berulang kali menggunakan pinggiran pemukiman ini untuk menembaki pemukiman di Wilayah Belgorod, seperti Belgorod, Shebekino dan lainnya. Prajurit Ukraina dilengkapi dengan posisi tembak di hampir setiap pemukiman rumah di Pletenevka," kata Kementerian Pertahanan Rusia dikutip dari TASS.

Setelah diambil alih, Rusia mengklaim Ukraina berusaha menghancurkan perumahan di Pletenevka dengan menembakkan artileri.

“Inilah beberapa rumah yang mereka tembak dengan mortir. Mereka menerbangkan drone Baba Yaga sepanjang waktu dan membakar barang-barang,” kata seorang prajurit Rusia dengan tanda panggilan Sokol, yang ikut serta dalam pembebasan Pletenevka.

“Petugas kami bekerja dengan baik. Tidak ada yang akan kembali. Semua orang berjuang dengan bermartabat,” kata prajurit itu.

Ia menjelaskan, setiap hari prajurit kelompok pertempuran Utara terus maju jauh ke wilayah yang diduduki Ukraina.

Baca juga: Senjata yang Dijanjikan AS Belum Juga Sampai, Pasukan Ukraina Hadapi Pertempuran Tak Seimbang

Pasukan juga membantu penduduk setempat yang tinggal di rumah mereka untuk mengungsi ke Wilayah Belgorod. Ada kamar untuk mereka di pusat akomodasi sementara.

Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan bahwa tentara dari kelompok pertempuran Utara telah membebaskan pemukiman Borisovka, Ogurtsovo, Pletenevka, Pylnaya dan Strelechya di Wilayah Kharkov.

Pertempuran Mengendur

Sementara media Ukraina, Ukrinform mengabarkan, meski mengendurkan serangannya, namun pasukan Rusia aktif di poros Pokrovsk.

Pada Senin kemarin, tidak ada bentrokan yang tercatat di Lyman, Toretsk, Huliaipole, dan Orikhiv pada pukul 13:30 waktu setempat.

“Saat ini, musuh paling aktif berada di poros Pokrovsk. Sejak awal hari, tidak ada bentrokan di wilayah Lyman, Toretsk, Huliaipole, dan Orikhiv,” tulis Staf Umum Angkatan Darat Ukraina.

Tentara Ukraina bertempur melawan Rusia
Tentara Ukraina bertempur melawan Rusia (Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina)

Tercatat 22 serangan ke arah Pokrovsk. Dua belas di antaranya sedang berlangsung. Agresor paling aktif berada di dekat Sokil, Novopokrovsk, dan Netaylovo.

Ukraina mengklaim, Rusia terus meneror penduduk sipil di wilayah Chernihiv dan Sumy, dengan artileri mereka menembaki wilayah Novodmytrivka, Sopych, Popivka, Pavlivka, Mystki dan Yelino.

Musuh mendapat penolakan keras dari pasukan Ukraina. Laporan mengenai kerugian musuh sedang diverifikasi. Teroris melancarkan serangan udara yang menargetkan wilayah Lyptsi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat