androidvodic.com

5 Fakta Baru Jatuhnya Helikopter Presiden Iran Ebrahim Raisi, 1 Korban Sempat Jawab Telepon - News

News - Kepala staf kepresidenan Iran, Gholamhossein Esmaili, mengungkap fakta terbaru tentang kecelakaan helikopter Presiden Iran, Ebrahim Raisi yang jatuh di wilayah Varzaqan, Provinsi Azerbaijan Timur, Iran, pada Minggu (19/5/2024).

Kecelakaan itu menewaskan delapan orang, Presiden Iran Ebrahim Raisi; Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amir-Abdollahian; Gubernur Provinsi Azerbaijan Timur Iran, Malek Rahmati; Ayatollah Mohammad Ali Al-Hashem, perwakilan Imam salat Jumat Tabriz untuk provinsi Azarbaijan Timur; Sersan Mehdi Mousavi, Ketua Tim Perlindungan Presiden Iran; Pilot Kolonel Taher Mostafavi; Co-pilot Kolonel Mohsen Daryanosh; dan Mayor Teknik Behrouz.

Penerbangan hari itu dilakukan setelah agenda Presiden Iran Ebrahim Raisi dari upacara peresmian bendungan di perbatasan Iran dengan Republik Azerbaijan sebelumnya.

Ada tiga helikopter yang terbang pada hari itu, termasuk helikopter Presiden Iran Ebrahim Raisi.

Gholamhossein Esmaili mengatakan ia berada di salah satu dari tiga helikopter tersebut.

1. Cuaca Normal pada Awal Penerbangan

Menurut keterangannya, pada awalnya kondisi cuaca di wilayah Varzaqan sempurna dan selama mereka melakukan sebagian besar penerbangan yang dilakukan sehari sebelumnya.

"Helikopter lepas landas sekitar pukul 13.00 waktu setempat pada 19 Mei saat kondisi cuaca di kawasan itu normal," kata Gholamhossein Esmaili dalam wawancara TV Iran, Selasa (21/5/2024).

Posisi helikopter yang dinaiki Presiden Iran Ebrahim Raisi saat itu berada di tengah-tengah dua helikopter lainnya.

Namun, ketika tiga helikopter itu terbang, mereka melihat adanya awan di dekatnya.

"Setelah 45 menit penerbangan, pilot helikopter Presiden Iran Ebrahim Raisi yang memimpin konvoi tersebut, memerintahkan helikopter lain untuk meningkatkan ketinggian untuk menghindari awan di dekatnya," lanjutnya.

Baca juga: 8 Nama Korban Tewas dalam Kecelakaan Helikopter Presiden Iran Ebrahim Raisi

2. Helikopter Presiden Iran Ebrahim Raisi Hilang dari Radar

Ketika dua helikopter lainnya menaikkan ketinggian terbang untuk menghindari awan, mereka tidak bisa melihat helikopter Presiden Iran Ebrahim Raisi yang seharusnya berada di tengah-tengah mereka.

“Setelah 30 detik terbang di atas awan, pilot kami menyadari bahwa helikopter yang berada di tengah telah menghilang,” kata Gholamhossein Esmaili.

Pilot dari helikopter yang dinaiki Gholamhossein Esmaili memutuskan untuk berputar-putar dan kembali mencari helikopter Presiden Iran Ebrahim Raisi.

3. 2 Helikopter Lainnya Berupaya Hubungi Helikopter Presiden Iran Ebrahim Raisi

Gholamhossein Esmaili mengatakan pilot helikopternya beberapa kali berusaha untuk menghubungi pilot helikopter Presiden Iran Ebrahim Raisi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat