androidvodic.com

Longsor di Papua Nugini, Ratusan Orang & Seribuan Rumah Dilaporkan Tertimbun, 4 Jenazah Dievakuasi - News

News, PAPUA NUGINI - Sedikitnya 300 orang dilaporkan tertimbun tanah longsor menerjang Desa Kaokalam di Provinsi Enga, Papua Nugini (PNG), Jumat (24/5/2024) sekitar pukul 03.00 waktu setempat.

Lokasi longsor berada di bagian utara Papua Nugini sekitar 600 km barat laut ibu kota Port Moresby.

Dilansir Reuters, selain menimbun lebih dari 300 orang, bencana longsor juga mengakibatkan dan lebih dari 1.100 rumah terkubur.

Peristiwa dan jumlah korban dilaporkan media lokal pada Sabtu (25/5/2024).

Baca juga: Kabasarnas Tegaskan Personel akan Cari Korban Banjir & Longsor Sumbar Sampai Semua Korban Ditemukan

Media itu juga menyebut dikhawatirkan ratusan orang tewas akibat tanah longsor tersebut.

"Bencana tanah longsor di negara Pasifik di utara Australia mengubur lebih dari 300 orang dan 1.182 rumah," kata Papua New Guinea Post Courier, mengutip komentar dari anggota parlemen negara tersebut, Aimos Akem.

Aimos Akem tidak segera menanggapi permintaan komentar Reuters melalui media sosial.

Diperkirakan, lebih dari enam desa terkena dampak tanah longsor di wilayah Mulitaka di provinsi tersebut, kata Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia (DFAT) pada hari Sabtu.

"Komisi Tinggi Australia di Port Moresby melakukan kontak erat dengan pihak berwenang PNG untuk melakukan penilaian lebih lanjut mengenai tingkat kerusakan dan korban jiwa," kata juru bicara DFAT dalam sebuah pernyataan.

Australian Broadcasting Corp melaporkan pada hari Sabtu bahwa empat jenazah telah dievakuasi dari daerah tersebut setelah tim darurat mencapai daerah berpenduduk jarang, di mana jumlah korban tewas diperkirakan akan meningkat.

Baca juga: Jalan Nasional di Sitinjau Lauik Padang Longsor, Menewaskan Dua Orang dan 5 Hilang

Selain itu, tanah longsor juga telah memblokir akses jalan raya, menjadikan helikopter satu-satunya cara untuk mencapai daerah tersebut.

Rekaman media sosial yang diposting oleh warga Desa Ninga Role menunjukkan orang-orang memanjat batu, menumbangkan pohon, dan gundukan tanah untuk mencari korban.

Bencana Longsor di Papua Nugini_2
Sedikitnya 300 orang dilaporkan tertimbun tanah longsor menerjang Desa Kaokalam di Provinsi Enga, Papua Nugini (PNG), Jumat (24/5/2024) sekitar pukul 03.00 waktu setempat. Warga sedang berupaya mencari korban tanah longsor di Papua Nugini.

Sementara itu, ada pula suara wanita yang terdengar menangis di latar belakang, yang diduga salah satu korban.

Perdana Menteri James Marape mengatakan para pejabat bencana, Angkatan Pertahanan dan Departemen Pekerjaan dan Jalan Raya membantu upaya bantuan dan pemulihan.

Artikel ini telah tayang di Tribun-Papua.com dengan judul BREAKING NEWS: Bencana Dahsyat di Papua Nugini, 300 Orang Dilaporkan Terkubur Longsor

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat