androidvodic.com

Kata Pengamat Soal Kesiapan Prabowo Kirim Pasukan Perdamaian dan Evakuasi Korban di Gaza - News

Kata Pengamat Soal Kesiapan Prabowo Kirim Pasukan Perdamaian dan Evakuasi Korban di Gaza

Laporan Wartawan Tribunmews.com, Chaerul Umam

News, JAKARTA - Pengamat Hubungan Internasional sekaligus Direktur Eksekutif Indonesian Muslim Crisis Center (IMCC) Robi Sugara, menyoroti presiden terpilih 2024 Prabowo Subianto atas sikapnya yang siap mengirim bantuan baik pasukan perdamaian maupun tenaga medis untuk merawat para korban di Gaza Palestina.

Menurut dia, Prabowo yang berlatar belakang militer itu memiliki keberanian dan keberpihakan yang konkret untuk berbicara kepada dunia internasional membantu Gaza, seperti yang disampaikannya di forum the International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 2024.

Baca juga: Hamas: Pasukan Arab Apa Pun yang Ikut Agenda Israel di Gaza Bakal Diperangi Sebagai Antek Pendudukan

“Keberanian sosok Prabowo yang itu misal blak-blakannya, gaya blak-blakannya, gaya spontanitasnya yang kemudian dengan cukup berani melakukan aksi-aksi itu berbicara mengenai Gaza,” kata Robi, dalam keterangannya Rabu (5/6/2024).

Meskipun saat ini di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pemerintah Indonesia sudah memberikan perhatian serius terhadap Gaza dengan mengirimkan sejumlah bantuan, Robi meyakini Prabowo juga akan melakukan hal yang sama bahkan diharapkan bisa melampauinya.

“Saya kira sebelumnya Pak Jokowi juga sudah memberikan banyak bantuan bahkan dilihat peran militer Indonesia juga cukup terlihat sekali dalam mengemas isu Palestina itu menjadi persoalan yang ditanggapi serius oleh pemerintah Indonesia,” ucapnya.

Robi mengatakan, Prabowo memiliki keunggulan bisa langsung berbicara melalui forum-forum dunia internasional dengan lantang dan berani khususnya kepada para pemimpin negara-negara lainnya.

Dia menyampaikan perbedaan Prabowo dengan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono yaitu SBY dalam forum internasional menyampaikan sikap dengan sangat hati-hati, namun Prabowo blak-blakan dan spontan. 

“Jadi saya sih menilainya yang kedua tanggapan saya adalah keberanian karena kelebihan Prabowo itu kan dia bisa melakukan komunikasi langsung dengan komunitas internasional meskipun Pak SBY pun punya kemampuan itu ya tapi kan dia sangat terlalu hati-hati,” ujarnya.

Robi menambahkan, sejauh ini sikap Prabowo khususnya terhadap konflik Israel – Palestina mendapatkan dukungan dari mayoritas masyarakat Indonesia terutama dari kalangan muslim.

“Tentu pasti akan munculnya sentimen positif dari masyarakat muslim di Indonesia khususnya, yang saya kira isu Palestina itu kadang menjadi isu yang tidak pernah selesai, tapi saya kira Prabowo akan mendapatkan sentimen positif dari masyarakat muslim,” ucapnya.

Robi menjelaskan dengan begitu Indonesia juga akan dipandang oleh Israel dan sekutunya seperti Amerika, namun ia percaya tidak akan berimbas secara ekonomi.

“Tentu akan dipandang oleh Israel dan sekutunya dalam persoalan ini bahwa kan di dunia internasional itu kalau kita desak negara lain dalam hal yang lain kita juga akhirnya akan terimbas didesak misalnya soal isu-isu pelanggaran HAM yang lain atau isi politik yang lainnya,” tandasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat