androidvodic.com

Rusia 'Bersorak' China Tak Hadiri Konferensi Perdamaian Swiss - News

News -- Rusia bersorak pendukung kuatnya, China memutuskan tidak akan menghadiri Konferensi Perdamaian di Swiss pada akhir pekan ini.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov menyatakan keputusan tak hadirnya China sebagai keputusan yang sangat benar. Dikutip dari Russia Today, ia memuji langkah China tersebut.

Dalam konferensi yang rencananya digelar pada 15-16 Juni itu, China tidak akan hadir karena beranggapan hanya didedikasikan untuk mempromosikan formula perdamaian Vladimir Zelensky dan memaksakan “ultimatum” terhadap Rusia.

Baca juga: Dewan Keamanan PBB Resmi Dukung Resolusi Gencatan Senjata di Gaza, Rusia Abstain

Dalam sebuah pernyataan pada hari Senin, Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan bahwa Lavrov mengucapkan terima kasih kepada Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi dan rekan-rekan Tiongkoknya atas “sikap mereka yang seimbang dan konsisten mengenai krisis di sekitar Ukraina,” termasuk keputusan Beijing untuk tidak mengirim delegasi konferensi perdamaian Ukraina ' dekat Danau Lucerne dijadwalkan berlangsung 15-16 Juni.

Kementerian tersebut menambahkan bahwa acara tersebut tidak mencakup “partisipasi Rusia dengan persyaratan yang setara dan pertimbangan yang adil terhadap semua inisiatif perdamaian dan realitas saat ini.”

Tiongkok mengonfirmasi awal bulan ini bahwa mereka tidak berencana menghadiri KTT tersebut.
Kementerian Luar Negerinya berpendapat bahwa mereka kekurangan “tiga elemen penting” – pengakuan Moskow dan Kiev atas peristiwa tersebut, partisipasi yang setara dari semua pihak, dan diskusi yang adil atas semua proposal perdamaian.

Kementerian menekankan bahwa keputusan Beijing untuk tidak mengirimkan delegasi ke Swiss tidak berarti negara tersebut tidak lagi mendukung perdamaian antara Rusia dan Ukraina.

Ukraina selama berbulan-bulan telah mempromosikan sepuluh poin 'formula perdamaian' Zelensky yang menuntut Rusia menarik diri dari seluruh wilayah yang diklaim Kiev sebagai miliknya dan pembentukan pengadilan untuk mengadili pejabat Rusia atas dugaan kejahatan perang.

Moskow telah menolak inisiatif tersebut dan menganggapnya “terlepas dari kenyataan.”

Zelensky mengatakan bulan lalu bahwa pertemuan puncak yang diselenggarakan di Swiss hanya akan fokus pada tiga poin rencana Kiev, termasuk pertukaran tahanan, serta keamanan nuklir dan pangan.

Baca juga: Perang Rusia-Ukraina Hari ke-838: Citra Satelit Tangkap Dampak Serangan Udara terhadap Pembom Su-57

Ia juga menentang kehadiran Rusia di konferensi tersebut, dengan mengatakan hal itu akan memungkinkan Moskow menggagalkan upaya diplomatik Ukraina.

Lavrov mengatakan bulan lalu bahwa satu-satunya tujuan acara tersebut adalah untuk memberikan ultimatum kepada Rusia.

Dia menambahkan bahwa pertemuan tersebut sepenuhnya mengabaikan inisiatif perdamaian lainnya, sementara Swiss – yang telah bergabung dengan sanksi Barat terhadap Rusia – telah kehilangan status netralnya.

Moskow menyatakan bahwa mereka terbuka untuk melakukan pembicaraan. Namun, Zelensky menandatangani dekrit yang melarang semua negosiasi dengan kepemimpinan Rusia saat ini setelah empat wilayah bekas Ukraina secara mayoritas memilih untuk bergabung dengan Rusia pada musim gugur 2022.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat