androidvodic.com

Kebakaran Tak Juga Padam di Israel Utara, Hizbullah Sapu 25 Pemukiman di Golan hingga Dataran Hula - News

Kebakaran di 15 Titik Belum Juga Padam di Israel Utara, Hizbullah Sapu 25 Pemukiman di Golan hingga Kiryat Shmona

News - Eskalasi pertempuran gerakan perlawanan Hizbullah Lebanon dan tentara pendudukan Israel (IDF) di perbatasan memasuki fase di ambang perang total secara terbuka.

Pada Kamis (13/6/2024), kedua pihak menyatakan saling melancarkan serangan ke lokasi dan fasilitas masing-masing.

Baca juga: Skenario Gencatan Senjata Gaza Gagal, Hizbullah Punya 1 Juta Rudal, Israel Menyerang 1 September

Hizbullah mengumumkan kalau mereka menyerang sejumlah situs militer Israel, sementara tentara pendudukan IDF mengatakan kalau mereka telah menyerang sasaran kelompok tersebut setelah serangan terbesar yang dilancarkannya kemarin.

Diketahui, konfrontasi pada Rabu menewaskan satu di antara komandan senior lapangan Hizbullah yang dibalas kelompok itu dengan serangan terbesar mereka ke wilayah Israel sejauh ini sejak pecahnya perang Gaza pada awal Oktober tahun lalu.

Baca juga: Serangan Terbesar Hizbullah ke Israel Utara, 350 Hektare Lahan di Meron dan Biriya Terbakar

Media Israel mengkonfirmasi bahwa sekitar 150 peluru ditembakkan dari Lebanon menuju Galilea Atas.

Kemarin, Hizbullah melaporkan kalau mereka menargetkan posisi pasukan IDF di Al-Raheb dengan senapan mesin berat dan peluru artileri.

Hizbullah mengklaim serangan mengenai sasaran secara langsung.

Baca juga: Eks-Mossad: Israel Lumpuh Jika Perang Total Lawan Hizbullah, Tel Aviv Terbakar Seperti Kiryat Shmona

Kebakaran akibat serangan rudal Hizbullah di Kiryat Shmona, Israel
Kebakaran akibat serangan rudal Hizbullah di Kiryat Shmona, Israel (Sprinter Factory/X)

Sapu 25 Pemukiman Yahudi di Perbatasan

Terkait konfrontasi yang makin sengit, sumber-sumber Palestina mengonfirmasi kalau sirene peringatan dibunyikan di Kiryat Shmona dan sekitarnya di Galilea Atas karena dugaan infiltrasi drone dari Lebanon selatan.

"Sumber tersebut juga melaporkan kalau sirene peringatan bahaya berbunyi di lebih dari 25 pemukiman Yahudi Israel di Golan Suriah, Dataran Hula, dan Galilea Atas, dan 12 rudal diluncurkan dari Lebanon selatan menuju Israel," kata laporan Khaberni.

Sementara media Israel, Maariv melaporkan kalau tiga ledakan terjadi di Haifa dan sekitarnya tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Surat kabar itu menjelaskan bahwa sekitar 150 roket ditembakkan dari Lebanon selatan dalam gelombang terakhir di berbagai daerah di Golan dan Galilea Atas, yang menyebabkan kehancuran dengan kebakaran terjadi di 15 lokasi.

Pada gilirannya, ambulans Israel mengatakan bahwa dua orang terluka akibat peluru yang jatuh di sebuah rumah di pemukiman Katsrin di Golan yang diduduki.

Kebakaran dipicu oleh rudal Hizbullah di Israel utara
Kebakaran dipicu oleh rudal Hizbullah di Israel utara.

Kebakaran Terus Terjadi

Hal ini terjadi pada saat Radio Israel mengkonfirmasi, tim pemadam kebakaran terus memadamkan api sejak kemarin, Rabu, menyusul penembakan dari Lebanon selatan ke lokasi-lokasi di Israel utara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat