androidvodic.com

Oxfam Berupaya Melakukan Intervensi dalam Peninjauan Kembali Penjualan Senjata Inggris ke Israel - News

Oxfam Berupaya Melakukan Intervensi dalam Peninjauan Kembali Penjualan Senjata Inggris ke Israel

News- Oxfam berupaya melakukan intervensi dalam peninjauan kembali penjualan senjata Inggris ke Israel.

Oxfam telah mengajukan permohonan untuk campur tangan secara resmi dalam peninjauan kembali atas persetujuan berkelanjutan pemerintah Inggris atas penjualan senjata ke Israel, badan anti-kemiskinan internasional mengumumkan hari ini.

Kasus ini dibawa ke Pengadilan Tinggi di London oleh Global Legal Action Network (GLAN) yang berbasis di Inggris, dan Al-Haq, sebuah organisasi hak asasi manusia independen Palestina yang memenangkan penghargaan. Hal ini didukung oleh Pusat Keadilan Internasional untuk Palestina.

Pengadilan telah diberikan bukti bahwa Israel tidak mematuhi kewajiban hukum yang berlaku selama konflik bersenjata.

Mereka diminta untuk membuat perintah yang mewajibkan Menteri Luar Negeri Urusan Bisnis dan Perdagangan untuk tidak lagi memberikan, dan menangguhkan, semua izin ekspor senjata dan peralatan militer ke Israel untuk digunakan di Gaza.

Sebagai sebuah organisasi yang melakukan respon kemanusiaan di Gaza, Oxfam telah meminta izin dari Pengadilan Tinggi untuk bertindak sebagai pihak yang melakukan intervensi, guna memberikan pernyataan saksi yang menguraikan pengalaman Oxfam sebagai respon kemanusiaan di daerah kantong tersebut dan untuk membuat representasi mengenai hukum yang berlaku. Sidang mengenai permohonannya akan berlangsung hari ini di Pengadilan Kerajaan.

Sidang peninjauan kembali diperkirakan akan berlangsung pada bulan Oktober.

Sejak tahun 2015, Inggris telah memberikan lisensi ekspor militer ke Israel senilai setidaknya £489 juta dan 61 lisensi “terbuka” yang nilainya tidak terbatas, termasuk komponen untuk pesawat tempur, rudal, tank, teknologi, senjata kecil, dan amunisi.

Inggris menyediakan sekitar 15 persen komponen pesawat pembom siluman F-35 yang saat ini digunakan dalam kampanye militer Israel melawan penduduk Palestina di Gaza.

Oxfam menyerukan gencatan senjata di Gaza untuk mengakhiri kematian dan kehancuran dan memungkinkan bantuan penting sampai ke mereka yang sangat membutuhkannya, serta terus menyerukan pembebasan para sandera.

“Gaza dengan cepat menjadi tidak bisa dihuni sama sekali. Lebih dari 37.000 orang tewas dan 84.000 lainnya luka-luka, sebagian besar adalah anak-anak dan perempuan. Setidaknya 500.000 warga Palestina di Gaza menghadapi kelaparan dan anak-anak sekarat karena kelaparan. Selama Israel membunuh warga sipil Palestina yang jelas-jelas melanggar hukum internasional, pemerintah Inggris mempunyai tanggung jawab untuk berhenti menjual senjata kepada mereka,” jelas Halima Begum, Kepala Eksekutif Oxfam Inggris.

“Secara moral, Inggris seharusnya tidak memicu serangan gencar ini dengan menjual lebih banyak senjata kepada Israel. Sebaliknya, mereka harus menggunakan seluruh kekuatan diplomatik yang mereka miliki untuk mendorong gencatan senjata yang segera dan abadi".

"Sangat penting untuk mengakhiri pemboman di Gaza, sehingga Oxfam dan lembaga-lembaga kemanusiaan lainnya dapat dengan aman menyalurkan bantuan untuk menyelamatkan nyawa warga sipil dalam jumlah yang sangat dibutuhkan".

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat