androidvodic.com

Terungkap, Ini Cara AS Bantu Israel Temukan 4 Sandera di Kamp Nuseirat Gaza - News

News - Surat kabar Amerika Serikat (AS), The Washington Post, mengungkapkan cara intelijen AS membantu sekutunya, Israel, untuk menemukan 4 sandera yang dibebaskan dari kamp Nuseirat, Jalur Gaza pada pekan lalu.

“Badan intelijen Amerika telah memberikan dukungan dalam jumlah yang tidak biasa kepada rekan-rekan Israel mereka sejak serangan 7 Oktober,” lapor The Washington Post, Jumat (14/6/2024).

Surat kabar itu mencatat peran badan-badan ini dalam proses pencarian tahanan Israel yang ditahan oleh perlawanan di Jalur Gaza.

"Amerika Serikat mengintensifkan pengumpulan intelijen terhadap para pejuang di Jalur Gaza, membagikan rekaman drone, citra satelit, penyadapan komunikasi, dan analisis data dalam jumlah yang luar biasa banyaknya," lapor surat kabar itu mengutip pejabat AS yang dirahasiakan.

Sebelumnya, pejabat senior Israel mengatakan AS telah memberi Israel beberapa kemampuan intelijen yang tidak dimiliki sebelum 7 Oktober 2023.

"Bantuan ini termasuk perangkat lunak canggih, beberapa di antaranya didukung oleh kecerdasan buatan," lanjutnya.

"Salah satu contoh nyata dari kemampuan ini adalah operasi penyelamatan sandera yang dilakukan Israel baru-baru ini," tambahnya, merujuk pada pembebasan 4 sandera di kamp Nuseirat pada pekan lalu.

Menurut The Washington Post, Amerika Serikat telah meningkatkan pengumpulan intelijen mengenai gerakan perlawanan Islam Palestina (Hamas) sejak 7 Oktober 2023 saat pecahnya pertempuran Hamas melawan Israel di Jalur Gaza.

"Pada minggu-minggu pertama perang, pejabat Israel meminta informasi spesifik dari Amerika Serikat untuk membantu mengisi kekosongan, yang mencakup informasi spesifik, serta teknik dan keahlian untuk menganalisis sejumlah besar gambar dan menggabungkan gambar-gambar yang berbeda untuk membuat gambar lebih detail, termasuk gambar medan perang di Jalur Gaza dalam bentuk 3D," katanya.

"Oleh karena itu, anggota Komando Operasi Khusus Gabungan (JSOC) Angkatan Darat AS mulai bekerja berdampingan dengan petugas CIA di Israel," lanjutnya.

Anggota Badan Intelijen Pusat AS (CIA) juga bertemu dengan rekan-rekan Israel mereka secara rutin untuk berbagi informasi intelijen.

Baca juga: PBB Terkejut Dampak Operasi Israel di Gaza demi Bebaskan 4 Sandera, Ratusan Orang Tewas dan Terluka

Amerika Serikat, Mitra Intelijen Utama bagi Israel

The Washington Post juga menyatakan AS adalah mitra intelijen utama Israel dalam pencarian tahanan Israel di Jalur Gaza.

"Proses pembebasan tahanan di kamp Nuseirat minggu lalu mengandalkan informasi akurat tentang lokasi para tahanan,” lapornya.

Surat kabar itu menegaskan AS memberikan bantuan untuk menganalisa informasi intelijen Israel dengan teknologi dan kemampuan yang tidak dimiliki Israel selama bertahun-tahun di Jalur Gaza.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat