androidvodic.com

Yaman Umumkan 145 Kapal Menjadi Sasaran Mereka, Sebagai Bentuk Dukungan Yaman Terhadap Gaza - News

Yaman Umumkan 145 Kapal Menjadi Sasaran Mereka, Sebagai Bentuk Dukungan Yaman Terhadap Gaza

News- Yaman mengatakan 145 kapal menjadi sasaran, sebagai bentuk dukungan Yaman terhadap Gaza.

Misi angkatan laut Barat telah gagal secara dramatis dalam membendung operasi pro-Palestina di Yaman, dan para pejabat menggambarkan pertempuran tersebut sebagai 'pertempuran paling berkelanjutan yang pernah dialami Angkatan Laut AS sejak Perang Dunia II'.

Pemimpin gerakan perlawanan Ansarallah yang berkuasa di Yaman, Abdul-Malik al-Houthi, mengungkapkan pada 13 Juni bahwa angkatan bersenjata Yaman menargetkan 145 kapal yang terkait dengan Israel, AS, dan Inggris sejak dimulainya operasi pro-Palestina di Sanaa pada bulan November.

Jumlah tersebut mencakup 11 operasi angkatan laut dan dua operasi militer “jauh di dalam wilayah Israel” yang dilakukan selama seminggu terakhir, yang menggunakan “31 rudal balistik dan bersayap, drone, dan kapal militer.”

Operasi terbaru terjadi pada hari Kamis, ketika rudal jelajah Yaman menghantam kapal pengangkut kargo curah komersial M/V Verbena di Teluk Aden, dilaporkan membakarnya dan melukai setidaknya satu anggota awak.

Menurut Komando Pusat AS (CENTCOM), Verbena adalah kapal pengangkut kargo curah berbendera Palauan, milik Ukraina, dan dioperasikan oleh Polandia yang “berlabuh di Malaysia dan sedang dalam perjalanan ke Italia membawa kayu.”

Pengungkapan dari pemimpin Ansarallah ini muncul beberapa jam sebelum laporan AP yang menyatakan para komandan angkatan laut AS menyesali ancaman “sangat serius” yang ditimbulkan oleh negara termiskin di dunia Arab.

“Saya rasa orang-orang tidak benar-benar memahami betapa seriusnya tindakan yang kami lakukan dan betapa kapal-kapal tersebut terus terancam,” kata Komandan USS Laboon Eric Blomberg kepada AP.

“Kita hanya perlu melakukan kesalahan sekali saja,” katanya. “Houthi hanya perlu menyelesaikannya.”

Laporan tersebut merinci intensitas serangan di Yaman, dan menyoroti bahwa anggota misi angkatan laut pimpinan AS “memiliki waktu beberapa detik untuk mengkonfirmasi peluncuran yang dilakukan oleh Houthi, berunding dengan kapal lain, dan melepaskan tembakan terhadap serangan rudal yang datang yang dapat bergerak dekat atau lebih jauh seperti kecepatan suara.”

“Hal ini terjadi setiap hari, setiap jaga, dan beberapa kapal kami telah berada di sini selama lebih dari tujuh bulan melakukan hal tersebut,” kata Kapten David Wroe, komodor yang mengawasi kapal perusak berpeluru kendali Washington.

Bryan Clark, mantan awak kapal selam Angkatan Laut dan peneliti senior di Institut Hudson, membenarkan pernyataan pejabat tinggi CENTCOM sebelumnya yang mengatakan pertempuran laut melawan Yaman adalah pertempuran laut terbesar yang pernah diikuti Washington sejak Perang Dunia II.

“Ini adalah pertempuran paling berkelanjutan yang pernah dilakukan Angkatan Laut AS sejak Perang Dunia II – tidak diragukan lagi,” kata Clark kepada AP. “Kita berada di ambang kemampuan Houthi untuk melancarkan serangan yang tidak dapat dihentikan oleh AS setiap saat, dan kemudian kita akan mulai melihat kerusakan yang besar. … Jika Anda membiarkannya memburuk, Houthi akan menjadi kekuatan yang jauh lebih mampu, kompeten, dan berpengalaman.”

Lima bulan setelah jet Amerika dan Inggris mulai membom sasaran di Yaman untuk mendukung Israel, serangan dari angkatan bersenjata Yaman terus berlanjut. Akhir bulan lalu, Sanaa melancarkan dua serangan terhadap kapal induk USS Eisenhower, dan hanya beberapa hari kemudian, negara tersebut meluncurkan operasi gabungan pertamanya dengan Perlawanan Islam di Irak (IRI).

Pihak berwenang Yaman juga baru-baru ini membongkar jaringan mata-mata luas yang dioperasikan oleh badan intelijen AS dan Israel.

(Sumber: The Cradle)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat