androidvodic.com

Iran Turun Tangan, Israel Tebar Intrik di Internal Hizbullah, Mossad Lacak Nasrallah Real Time - News

Iran Turun Tangan, Israel Tebar Intrik di Internal Hizbullah, Mossad Lacak Hassan Nasrallah Secara Real Time

News - Seiring meledaknya esklasi pertempuran di perbatasan Utara Israel dan Selatan Lebanon, muncul laporan mengenai rencana Israel untuk membunuh Sekretaris Jenderal Hizbullah, Hassan Nasrallah.

Rencana Israel itu membuat Iran turun tangan memperingatkan gerakan milisi sekutu terkuat mereka di kawasan. 

Baca juga: Media Israel: IDF Rekomendasikan Tel Aviv Akhiri Operasi Rafah Lalu Serang Besar-besaran Lebanon

Iran dilaporkan telah memperingatkan Hizbullah tentang dugaan rencana pembunuhan ini, menurut surat kabar Ibrani, Yedioth Ahronoth dan Ynet.

Peringatan dari Iran datang melalui utusan yang dikirim ke Beirut segera setelah pembunuhan Taleb Sami Abdullah, seorang komandan unit Nasr Hizbullah di Lebanon selatan.

Baca juga: Burung-Burung Hoopoe Bawa Kabar ke Hizbullah yang Bikin Israel Meriang, Situs Sensitif Terpetakan

Utusan tersebut dilaporkan bertemu dengan rekan dekat Nasrallah dalam sesi tertutup untuk menyampaikan kekhawatiran Iran, yang juga dialami oleh Hizbullah, bahwa Israel sekarang mungkin menargetkan Nasrallah sendiri.

Yedioth Ahronoth lebih lanjut merinci keyakinan lama Hizbullah kalau Israel sebenarnya telah menahan diri untuk tidak secara langsung menargetkan Nasrallah meskipun ia telah memimpin gerakan Syiah Lebanon selama tiga dekade.

Intrik Israel Tebar Intrik di Internal Hizbullah

Surat kabar tersebut juga menyoroti dinamika internal Hizbullah, dan mencatat kalau ada laporan yang menunjukkan calon penerus Nasrallah kadang-kadang meresahkan pemimpin gerakan tersebut.

Keresahan Nasrallah itu beriring kecurigaan bahwa kebocoran informasi tersebut berasal dari Tel Aviv untuk menebarkan perselisihan dalam jajaran kepemimpinan Hizbullah.

Selain itu, agen mata-mata Israel Mossad konon mengklaim mengetahui secara rinci pergerakan Nasrallah, menegaskan kemampuan mereka untuk melacaknya secara real-time terlepas dari perubahan lokasi.

Mantan pemimpin Mossad Yossi Cohen baru-baru ini menegaskan kesiapan Israel untuk bertindak tegas terhadap Nasrallah jika dianggap perlu, dan menyatakan Israel dapat melenyapkannya kapan saja.

Sekretaris Jenderal Hizbullah Hassan Nasrallah
Sekretaris Jenderal Hizbullah Hassan Nasrallah (dok. AFP)

Profil Hassan Nasrallah

Hassan Nasrallah adalah sekretaris jenderal Hizbullah, partai politik Lebanon dan blok politik dominan komunitas Muslim Syiah di negara tersebut.

Lahir pada tahun 1960 di Beirut Timur, Nasrallah sejak kecil digambarkan sebagai murid luar biasa yang mengabdi pada ajaran Syiah, dilansir Al Jazeera.

Pada tahun 1975, perang saudara di Lebanon memaksa keluarganya untuk kembali ke rumah leluhur mereka di desa Bazzouriyeh di Lebanon selatan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat