androidvodic.com

Vladimir Putin Hadiahkan Sedan Mewah Aurus Senat L700 untuk Kim Jong Un, Harganya Rp 13 Miliar - News

Laporan Wartawan News Namira Yunia Lestanti

News, PYONGYANG – Di antara agend kunjungannya ke Pyongyang, ibukota Korea Utara pekan ini, Presiden Rusia Vladimir Putin kembali memberikan hadiah mobil mewah berupa sedan limousin Aurus Senat L700 kepada pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un.

Hadiah limousin Aurus kali ini merupakan pemberian hadiah mobil mewah kedua yang Vladimir Putin berikan kepada Kim Jong Un.

Kepada kolega dekatnya tersebut, Presiden Putin juga memberikan hadiah satu set peralatan minum teh.

"Mereka saling bertukar hadiah. Kami memberikan sebuah Aurus. Ya, ini adalah yang kedua bukan yang ketiga (yang kami berikan kepada Kim). Lebih pastinya ini yang kedua," ujar Ajudan Presiden Rusia Yury Ushakov dikutip dari New York Post.

Dilansir laman resmi Rusia NAMI, Aurus Senat L700 kiriman Putin bukanlah limousine sembarangan. Secara dimensi, limosin asal Negeri Beruang Putih ini memiliki panjang 6.840 mm, lebat 2.000 mm dan tinggi 1.680 mm.

Dengan dimensi seperti itu, Aurus Senat L700 jadi salah satu mobil kepresidenan terbesar di dunia. Menariknya mobil itu dilengkapi fitur keamanan maksimal, yakni bodi dan kaca berlapis baja yang tahan peluru.

Ban mobil mewah Aurus ini dibuat dengan menggunakan lapisan baja untuk mencegah kerusakan atau tertembus peluru.

Dengan kemampuan tersebut, Aurus Senat L700 kerap dijuluki sebagai "bungker yang berjalan".

Baca juga: Vladimir Putin Dijadwalkan Kunjungi Vietnam Malam Ini

Aurus Senat dibekali mesin 4.4 liter V8 twin-turbo hybrid yang dikembangkan oleh Porsche, menghasilkan 590 HP dan torsi 880 Nm yang disalurkan ke seluruh rodanya.

Mobil andalan Putin ini bisa melesat dengan akselerasi 0-100 km per jam dalam 6 detik dan kecepatan puncak mencapai 250 km per jam.

Uniknya, mobil ini juga bisa tetap mengapung apabila terendam di dalam air.

Beralih ke bagian fitur, Aurus Senat L700 dibekali teknologi canggih yang dapat menahan ledakan, tembakan, dan serangan gas kimia. Senat Aurus juga dibekali komunikasi canggih, yang menjadikannya pusat komando di dalam mobil.

Untuk memanjakan para penumpang interior Aurus Senat L700 dibuat khusus seperti bagian jok yang dibuat menggunakan kulit, selain itu bagian panel pintu, dan sandaran tangan juga dirancang dengan kulit.

Pada bagian dasbornya menampilkan layar untuk pengemudi dan tambahan untuk pusat infotainment yang sepenuhnya dikembangkan oleh NAMI.

Sementara untuk bodi Aurus Senat L700 dilapisi baja buatan ZIL-41052 dan menggunakan ban Kevlar agar bisa berjalan sekalipun kondisinya kempis.. Ada juga kamera night-vision yang mampu memantau pergerakan di malam hari

Harga Limousin Aurus Senat L700

Dengan spesifikasi dan fitur canggih yang tersemat dalam bodi mobil, Aurus Senat L700 dibanderol dengan harga yang cukup fantastis ketimbang mobil-mobil lainnya.

Harga Aurus Senat L700 versi non limosin dibanderol mulai 500 juta hingga 1,1 miliar won atau sekitar Rp5,92 miliar sampai Rp13 miliaran.

Baca juga: Ini 12 Menu Makanan yang Disajikan untuk Vladimir Putin Saat Kunjungi Korea Utara, Ada Ayam Rebus

Meski harganya cukup mahal, namun hal tersebut tak membuat pesona Limosin Aurus Rusia memudar. Banyak negara YANG saling berlomba mendapatkan mobil Aurus buatan Rusia diantaranya Azerbaijan, Bahrain, hingga Uni Emirat Arab.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat