androidvodic.com

AS Ungkap China Bisa Caplok Taiwan Tanpa Lakukan Invasi Militer, Begini Caranya - News

News -- Pusat Studi Strategis dan Internasional Amerika (CSIS) mengungkapkan bahwa sebenarnya China atau Tiongkok bisa saja mencaplok Taiwan dengan mudah.

"Tak perlu invasi militer tapi dengan menciptakan karantina pakai zona abu-abu dan menjaganya dengan polisi pantai dan petugas penegak hukum lain," demikian ungkap analis lembaga yang dekat dengan penguasa di AS Partai Demokrat itu dikutip dari CNN, Minggau (23/6/2024).

Hal ini akan memungkinkan Beijing untuk menentukan persyaratan masuk dan keluar dari pulau tersebut.

Baca juga: Respons BPOM RI terkait Peredaran Kosmetik Mengandung Karsinogen dari China

Berbeda dengan invasi atau blokade, karantina zona abu-abu “tidak akan dianggap sebagai tindakan perang.” Dan hal ini juga tidak memerlukan penutupan Selat Taiwan.

“Tujuan utamanya adalah untuk memaksa negara dan perusahaan mematuhi persyaratan China. Jika sebagian besar entitas asing mematuhi karantina, hal itu akan memperkuat narasi China bahwa mereka mengendalikan Taiwan dan melemahkan klaim kedaulatan Taipei," kata analisisnya.

Pada saat yang sama, tidak akan mudah bagi sekutu Taiwan untuk menemukan respons terhadap karantina, yang dapat dilakukan oleh Tiongkok dalam berbagai bentuk penguasaan penuh maupun sebagian.

Sementara komponen militer yaitu angkatan laut, udara dan darat dari Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), kekuatan militer terbesar di dunia, mungkin hanya memainkan peran tambahan dan pendukung.

Analis CSIS Bonny Lin, Brian Hart, Matthew Funaiole, Samantha Lu dan Truly Tinsley menulis demikian.

“Tiongkok telah meningkatkan tekanan secara signifikan terhadap Taiwan dalam beberapa tahun terakhir, memicu kekhawatiran bahwa ketegangan dapat berubah menjadi konflik langsung. Banyak perhatian telah diberikan terhadap ancaman invasi, namun Beijing memiliki pilihan selain melakukan invasi untuk memaksa, menghukum, atau mencaplok Taiwan,” kata laporan itu.

Pada KTT pertahanan Dialog Shangri-La di Singapura awal bulan ini, Menteri Pertahanan Tiongkok Laksamana Dong Jun memperingatkan mereka yang mendukung setiap langkah untuk kemerdekaan Taiwan “akan berakhir dengan kehancuran diri sendiri.”

Baca juga: Perang di Gaza dan Ukraina Belum Reda, Korea Utara-Selatan dan China-Taiwan Kini Mulai Bersitegang

“Kami akan mengambil tindakan tegas untuk mengekang kemerdekaan Taiwan dan memastikan rencana seperti itu tidak akan pernah berhasil,” kata Dong, berbicara melalui seorang penerjemah, sambil mengecam “kekuatan campur tangan eksternal” karena menjual senjata dan melakukan “kontak resmi ilegal” dengan Taiwan.

Meningkatnya taktik zona abu-abu Tiongkok terlihat jelas minggu ini ketika kapal Penjaga Pantai Tiongkok bentrok dengan kapal Angkatan Laut Filipina di Laut Cina Selatan.

Video menunjukkan pasukan Beijing mengancam warga Filipina dengan kapak dan senjata tajam lainnya, dan Manila mengatakan salah satu tentaranya kehilangan jempol dalam tabrakan yang dipicu oleh Tiongkok.

Tingkat kekerasan ini merupakan peningkatan besar dari bentrokan sebelumnya di dekat Second Thomas Shoal, di mana Filipina mempertahankan pos terdepan di sebuah kapal perang yang terdampar di perairan yang diklaim oleh Beijing dan Manila.

Demikian pula, intimidasi militer dan ekonomi yang dilakukan Beijing terhadap Taiwan, negara dengan ekonomi pasar bebas yang sangat maju, semakin terlihat jelas di bawah kepemimpinan Xi.

Partai Komunis Tiongkok yang berkuasa mengklaim pulau itu sebagai miliknya, meskipun tidak pernah menguasainya, dan telah berjanji untuk “bersatu kembali” dengan pulau tersebut, jika perlu dengan kekerasan.

Namun laporan CSIS mengatakan bahwa Beijing memiliki opsi kuat yang tidak hanya dapat menghalangi PLA untuk ikut berperang, namun juga dapat menempatkan negara demokrasi di pulau tersebut atau para pendukungnya seperti Amerika Serikat dalam peran sebagai pemrakarsa konflik militer untuk mempertahankan otonomi Taiwan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat