androidvodic.com

Heboh Poster Kandidat Calon Gubernur Tokyo Jepang Bersanding Poster dengan Anjing di Sekelilingnya - News

Laporan Koresponden News, Richard Susilo dari Jepang

News, TOKYO - Baru pertama kali dalam sejarah di Jepang, poster para kandidat calon Gubernur Tokyo bersanding jadi satu dengan poster anjing di sekelilingnya bertuliskan Buntut Cogy Bagus Lo.

Profesor Hiroshi Shiratori dari Sekolah Pascasarjana Universitas Hosei mengatakan kejadian ini menunjukkan ketidakpercayaan politik saat ini. 

"Ini membuat pemilihan yang seharusnya jadi tempat pilihan tulus untuk memutuskan kepala pemerintahan justru merusak demokrasi Jepang itu sendiri dan menunjukkan ketidakpercayaan politik saat ini," papar Hiroshi Shiratori, Profesor, Sekolah Pascasarjana Universitas Hosei baru-baru ini kepada pers.

Kali ini, papan poster pemilu yang dijuluki Papan Jack karena seperti seolah di Hi-Jack para oknum, dianggap masyarakat kini berubah fungsi bertujuan untuk menetapkan pemilihan sebagai model bisnis, seperti memposting video orang memasang poster menjadi penjualan di papan buletin, dan diperkirakan pendapatan akan jauh melebihi pendapatan, tambahnya.

Undang-Undang Pemilihan Umum saat ini dibuat di era ketika tidak ada Internet, dan tidak seharusnya digunakan untuk bisnis, dan isi papan buletin secara hukum baik-baik saja selama berada dalam ruang lingkup kebebasan berekspresi. Juga sulit untuk membatasinya karena itu akan dianggap sebagai penyensoran yang tidak ada di Jepang.

Baca juga: Artis Cantik Jepang Minta Maaf Buntut Poster Nyaris Tanpa Busana di Papan Kampanye Pemilu Tokyo

Penting untuk memisahkan penggunaan situs posting video untuk mendapatkan pendapatan iklan dari advokasi kebijakan dalam pemilihan. Penting pula bagi bisnis untuk mengatur konten kandidat selama periode pemilihan dan kamp tempat kandidat berada, seperti membatasi pendapatan iklan.

Orang yang bertanggung jawab atas organisasi pemasangan papan poster pemilu menjelaskan, pihaknya memberikan izin kepada donor, bukan untuk keuntungan.

Tetapi sebagai tanggapan atas langkah yang dapat diambil sebagai penggunaan bisnis, Kepala Sekretaris Kabinet Yoshimasa Hayashi mengatakan pada konferensi pers pada tanggal 21 Juni 2024, "Ini diatur untuk menampilkan poster kampanye pemilihan kandidat sendiri, dan itu tidak dapat digunakan oleh siapa pun selain kandidat."

Menurut Kementerian Dalam Negeri dan Komunikasi, yang memiliki yurisdiksi atas kampanye pemilu, poster pemilu bebas berdasarkan ketentuan Undang-Undang Pemilihan Umum selama mereka tidak mendukung kandidat lain atau mengandung konten palsu, dan tidak ada mekanisme untuk memeriksanya.

Namun, Takeaki Matsumoto, Menteri Dalam Negeri dan Komunikasi, menunjukkan, "Di bawah Undang-Undang Pemilihan Umum, hak untuk memposting tidak seharusnya dibeli atau dijual, dan bahwa lembaga investigasi akan memutuskan apakah akan dikenakan hukuman atau tidak nantinya."

Pada tanggal 21 Juni, Komisi Pemilihan Metropolitan Tokyo telah menerima lebih dari 1.000 keluhan dan pertanyaan tentang "apa boleh poster yang sama yang ditempelkan?"

Selain itu, jumlah kandidat meningkat dan jumlah maksimum kandidat yang dapat posting di satu papan buletin melebihi 48 menjadi 56 saat ini, sehingga Kantor Pemilihan Metropolitan terpaksa merespons dengan memberikan file yang jelas (clear-file) kepada kandidat dan meminta peningkatan jumlah kandidat secara individual.

Seorang pejabat pemilihan lingkungan di Tokyo mengatakan, "Selama didanai oleh uang pembayar pajak, secara realistis sulit untuk menindak jika tidak ada pelanggaran."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat