androidvodic.com

Kemampuan Roket Hizbullah Disebut Tak Main-main, hingga Dapat Tembakkan 3.000 Rudal Sehari ke Israel - News

News - Beberapa penelitian mengungkap bahwa kekuatan Hizbullah tidak dapat diremehkan, termasuk kepemilikan senjata.

Sebuah proyek penelitian yang dilakukan oleh Institut Kontra-Terorisme Universitas Reichman di Israel, menyimpulkan bahwa Hizbullah dapat menembakkan hingga 3.000 rudal sehari.

Proyek penelitian Institut Kontra-Terorisme Universitas Reichman di Israel itu dilakukan selama tiga tahun, dan diselesaikan tidak lama sebelum serangan Hamas pada 7 Oktober 2023.

Soal 3.000 rudal sehari, jumlah itu dapat dipertahankan hingga tiga minggu, tujuan utamanya adalah untuk memaksa runtuhnya pertahanan udara Israel, yakni Iron Dome.

“Hal ini juga terjadi sehubungan dengan keyakinan masyarakat bahwa ancaman pembalasan Israel atau serangan besar-besaran Israel terhadap aset-aset penting Lebanon akan memaksa Hizbullah untuk melakukan gencatan senjata atau secara signifikan mengganggu kemampuan mereka untuk terus menyerang wilayah Israel," kata laporan tersebut.

Sementara menurut makalah pengarahan Pusat Studi Strategis dan Internasional, sebuah lembaga di Amerika Serikat (AS), menilai kemampuan roket Hizbullah tak main-main, mengutip The Guardian, Senin (24/6/2024).

Bahwa menangkap dan menghancurkan kemampuan roket dan rudal Hizbullah akan memerlukan upaya serangan pengintaian yang sangat besar, sebut laporan tersebut.

“Persenjataan roket dan rudal Hizbullah juga mencakup rudal jarak jauh,” tambah laporan tersebut.

Hal ini juga kemungkinan besar digunakan terutama dalam kapasitas koersif, di mana Hizbullah melakukan serangan jarak jauh terhadap pusat-pusat populasi Israel untuk melemahkan dukungan Israel terhadap perang.

Tantangan paling serius, menurut para ahli, kemungkinan besar adalah banyaknya rudal yang ditembakkan dalam gelombang yang sengaja dirancang untuk melumpuhkan sistem pertahanan udara Israel.

“Akan menjadi tugas yang berat bagi pertahanan udara Israel untuk menghadapi persenjataan roket yang tersebar luas yang datang dari utara (Lebanon),” kata Seth G Jones, seorang analis di lembaga think tank di Washington, pekan lalu.

Baca juga: AS Ragukan Kekuatan Iron Dome Israel: Bisa Kewalahan Perang Habis-habisan dengan Hizbullah

Ancaman Hizbullah pada Israel

Pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah telah mengeluarkan peringatan keras kepada Israel, mengancam perang tanpa pengekangan dan tanpa aturan hingga tanpa batasan jika terjadi serangan besar-besaran Israel terhadap Lebanon.

Pemimpin Hizbullah Nasrallah menyebut Israel seharusnya takut terhadap ancaman tersebut.

Hassan Nasrallah mengatakan invasi ke Israel utara kemungkinan akan terjadi jika konflik besar (akibat Israel) terjadi di Lebanon.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat