androidvodic.com

'Kolaborasi' Houthi Irak Bombardir Kapal Israel di Laut Merah Ubah Pelabuhan Haifa Bak Neraka - News

Laporan Wartawan News Namira Yunia Lestanti

News, YAMAN - Juru bicara militer Houthi Yahya Saree mengklaim kekuatan pasukannya telah berlipat ganda setelah kelompok perlawanan islam di Irak (IRI) sepakat melakukan operasi militer gabungan, Senin (24/6/2024).

Operasi gabungan ini sengaja di gelar Houthi dan kelompok perlawanan islam Irak dengan tujuan melumpuhkan aktivitas di pelabuhan Haifa Israel serta menargetkan kapal- kapal mitra Israel seperti Amerika dan inggris yang tengah berlayar di kawasan Laut merah.

“Kelompok Houthi Yaman melakukan operasi militer gabungan dengan Perlawanan Islam di Irak, menargetkan kapal-kapal di pelabuhan Haifa Israel yang dianggap tidak patuh,” jelas Saree dikutip dari Al Jazeera.

Baca juga: Kapal Israel Cs Dipastikan Tenggelam setelah Ditembak Houthi di Laut Merah

Sehari setelah operasi gabungan digelar, pelabuhan Haifa Israel berubah bak neraka lantaran dua kapal tanker semen dan dua kapal kargo terbakar hebat akibat serangan rudal tak berawak milik Houthi dan Perlawanan Irak.

Hal itu juga dikonfirmasi secara langsung oleh badan keamanan maritim Inggris, UKMTO. Dalam laporannya menyebutkan bahwa sebuah kapal dagang rusak imbas serangan drone peledak di Laut Merah dekat Yaman pada Minggu pagi.

"Nakhoda kapal dagang melaporkan telah dihantam oleh sistem udara tak berawak (UAS), yang mengakibatkan kerusakan pada kapal,” kata badan yang dikelola oleh angkatan laut Inggris tersebut.

"Tidak ada korban jiwa, serangan itu terjadi sekitar 65 mil laut (120 km) di sebelah barat kota pelabuhan Hodeidah di Yaman", imbuhnya.

Dalam operasinya itu, dua militan tersebut sukses menghancurkan kapal Transworld Navigator yang berlayar di Laut Merah dengan menggunakan kapal tak berawak serta merudal kapal Stolt Sequoia yang berada di Samudra Hindia.

Saree menyebut serangan itu dilakukan karena kapal-kapal tersebut milik perusahaan sekutu Israel telah melakukan pelanggaran karena memasuki pelabuhan Palestina. Imbas serangan tersebut kini situasi di Laut Merah dan Samudra Hindia berubah menjadi mencekam.

Baca juga: Balas Houthi, AS-Inggris 2 Kali Bombardir Yaman, Rusak 3 Peluncur Rudal

Serangan Houthi Buat Israel Rugi

Adapun konflik ini pertama kali pecah pada November lalu tepatnya setelah Houthi, milisi sayap kanan Iran membombardir rudal ke kapal – kapal yang terafiliasi dengan Israel di Laut Merah.

Pejabat Houthi beranggapan blokade dan penyerangan yang mereka lakukan adalah bentuk protes atas agresi Israel di Gaza, Palestina yang telah menewaskan lebih dari 34.000 jiwa. Houthi menyebut angkah ini sebagai kampanye solidaritas untuk Palestina dan menentang perang Israel di Gaza.

Akan tetapi imbas serangan Houthi, ratusan kapal dagang global mulai menghentikan operasi ke wilayah Timur Tengah terutama Israel. Alhasil pemasukan pelabuhan Eilat yang merupakan satu-satunya terminal kargo andalan Israel di Laut Merah mengalami kerugian besar.

CEO Pelabuhan Eilat, Gideon Goldberg melaporkan bahwa bisnis di dermaga turun sekitar 85 persen usai dihajar Houthi hingga membuat kapal-kapal sekutu Israel enggan untuk bersandar di pelabuhan tersibuk ketiga di Israel.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat