androidvodic.com

Bandara Beirut Dikunjungi Pejabat Asing Setelah Israel Mengklaim Dijadikan Gudang Senjata Hizbullah - News

Pejabat Asing Kunjungi Bandara Beirut Setelah Israel Mengklaim Dijadikan Gudang Senjata Hizbullah

News- Pejabat asing mengunjungi bandara Beirut setelah klaim Israel tentang lokasi senjata Hizbullah yang dinilai ‘konyol’.

Israel telah membuat banyak klaim tidak berdasar tentang lokasi penyimpanan senjata di ibu kota Lebanon selama bertahun-tahun.

Delegasi diplomat dan media mengunjungi Bandara Internasional Rafic Hariri di Beirut pada tanggal 24 Juni, satu hari setelah surat kabar Inggris The Telegraph merilis laporan yang mengklaim bahwa Hizbullah menyembunyikan senjata di dalam fasilitas tersebut.

Menteri Penerangan Lebanon Ziad al-Makari, Menteri Luar Negeri Abdullah Bou Habib, Menteri Pariwisata Walid Nassar, dan pejabat lainnya menghadiri tur bandara tersebut.

Beberapa duta besar dan koresponden media.

Mereka diperlihatkan pusat kargo utama, tempat penyimpanan barang impor, dan beberapa lokasi di sekitar bandara.

“Departemen Transportasi Inggris adalah badan resmi yang menangani transportasi. Ia mengunjungi Bandara Beirut enam bulan lalu dan melihat seluruh sudutnya. Akan lebih efektif jika surat kabar ini mengandalkan Otoritas sebagai sumber dalam artikelnya dan bukan pada orang yang tidak dikenal dan pihak yang tidak dikenal,” kata Menteri Transportasi Lebanon Ali Hamieh dalam konferensi pers setelah tur tersebut.

Dia juga mengulangi apa yang dia katakan sehari sebelumnya, pada hari Minggu, tentang konsultasi yang diadakan dengan perdana menteri Lebanon dan tim hukum untuk mengajukan gugatan terhadap The Telegraph, dengan menambahkan:

“Apa yang terjadi adalah perang psikologis melawan Lebanon... kami telah membuktikan bahwa artikel itu konyol.”

Surat kabar Inggris tersebut mengutip “pelapor” dari bandara pada tanggal 23 Juni yang mengatakan bahwa mereka khawatir akan meningkatnya pengiriman senjata yang masuk ke negara tersebut melalui penerbangan langsung dari Iran, mengklaim bahwa mereka telah melihat “kotak-kotak yang sangat besar” dan “meningkatnya kehadiran pejabat tinggi” Komandan Hizbullah.”

The Telegraph mengutip Asosiasi Transportasi Udara Internasional Lebanon (IATA) yang mengatakan bahwa mereka telah mengetahui adanya senjata Hizbullah di bandara “selama bertahun-tahun” tetapi tidak dapat berbuat apa-apa.

Setelah IATA mengumumkan bahwa kutipan tersebut sepenuhnya salah, harian tersebut mengedit artikel tersebut, menghubungkan kutipan yang sama dengan “badan penerbangan internasional besar” yang tidak disebutkan namanya.

Mengomentari tuduhan tersebut, seorang pejabat tinggi keamanan Lebanon mengatakan kepada The Cradle pada hari Minggu: “Mereka menyebarkan kebohongan untuk kemudian membenarkan setiap serangan Israel terhadap bandara Beirut karena mereka ingin mengisolasi Lebanon. Musuh menyebarkan rumor ini sebagai semacam perang psikologis.”

Sekelompok besar duta besar asing mengunjungi beberapa lokasi di sekitar bandara Beirut pada tahun 2018 untuk membantah klaim Israel tentang depot rudal di wilayah tersebut.

Pada tahun 2020, setelah Benjamin Netanyahu mengklaim daerah perumahan di ibu kota Lebanon digunakan untuk menyimpan senjata, Hizbullah mengundang media internasional dan lokal untuk mengunjungi lokasi tersebut, dan tidak ada senjata yang ditemukan.

Israel mengebom Bandara Internasional Rafic Hariri di Beirut pada awal perang antara Hizbullah dan Israel pada tahun 2006.

SUMBER: THE CRADLE

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat