androidvodic.com

Eks PM Israel Ehud Olmert Tuding Netanyahu Ingin Hancurkan Israel: Sudah Saatnya Usir Dia - News

News – Mantan Perdana Menteri (PM) Israel Ehud Olmert menuding PM Israel saat ini, Benjamin Netanyahu, ingin menghancurkan negaranya sendiri.

Tudingan itu disampaikan Olmert dalam kolom opini pada laman surat kabar terkenal Israel, Haaretz.

Olmert mengklaim Netanyahu sengaja memperpanjang perang antara Israel dan Hamas di Jalur Gaza.

“Keinginan untuk mengulur-ulur perang tanpa menentukan tanggal berakhirnya adalah alasan tujuan yang tepat belum ditetapkan bagi pasukan tempur,” kata dia dalam opininya.

Dia juga menuding Netanyahu ingin memperluas perang di Gaza dan melancarkan serangan militer terhadap Hizbullah di Lebanon.

Menurut dia, Netanyahu memang enggan mencapai kesepakatan dengan Lebanon guna menyudahi konflik saat ini dan mengembalikan para pemukim Israel ke rumah mereka di dekat perbatasan.

Kemudian, Olmert menyebut Netanyahu sengaja mengambil langkah untuk memperluas kekerasan di Tepi Barat.

Kekerasan itu akan memicu perluasan kejahatan perang terhadap warga Palestina.

Mantan perdana menteri Israel Ehud Olmert menghadiri demonstrasi menentang RUU reformasi peradilan kontroversial pemerintah Israel, di Tel Aviv pada 1 Maret 2023.
Mantan perdana menteri Israel Ehud Olmert menghadiri demonstrasi menentang RUU reformasi peradilan kontroversial pemerintah Israel, di Tel Aviv pada 1 Maret 2023. (JACK GUEZ / AFP)

“Kejahatan seperti itu sudah dilakukan oleh banyak warga israel, biasanya mereka bukan personel wajib militer, tetapi milisi swasta yang berisi para penjahat yang menenteng senjata, yang dalam kebanyakan kasus diberikan kepada mereka,” ujar dia.

“Senjata ini membantu mereka dalam kerusuhan dan melindungi mereka ketika mereka menganiaya warga Palestin: membakar rumah mereka dan menghancurkan ladang yang menjadi penghidupan dan rezeki, serta membunuh warga tak berdosa secara langsung.”

Kata Olmert, Netanyahu sengaja membiarkan warga Israel yang masih disandera oleh Hamas di Gaza.

Baca juga: Netanyahu Hendak Dikudeta Militer Israel, Istri dan Anaknya Bocorkan Kronologisnya

“Penolakan atas kesepakatan yang akan memungkinkan semua sandera kembali ke Israel berdasarkan argumen bahwa hal itu akan mencegah kemenangan total atas Hamas,” ucap dia.

Dia menyebut kemenangan total bukanlah pilihan saat, bahkan bukan pilihan sejak Netanyahu menyampaikannya.

Hal itu, kata Olmert, dimaksudkan sebagai cara dia agar bisa menyalahkan militer dan pasukan tempur atas kegagalannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat