androidvodic.com

Diam-diam Amerika Telah Pasok 10.000 Bom ke Israel, Ada Jenis MK-84 hingga AGM-114 Hellfire - News

Laporan Wartawan News Namira Yunia

News, WASHINGTON – Sejak perang di Jalur Gaza pecah pada 7 Oktober 2023, pemerintah Amerika Serikat (AS) di bawah kepemimpinan Presiden Joe Biden diam-diam telah mengirimkan 10.000 bom dan amunisi seberat 2.000 pon ke Israel.

Hal ini diungkapkan dua pejabat AS yang diberi pengarahan tentang daftar terbaru pengiriman senjata kepada Reuters pada, Sabtu 29 Juni 2024.

Dalam laporannya kedua pejabat AS ini menjelaskan bahwa negaranya telah memasok senjata ke Israel berupa 10.000 bom seberat 2.000 pon, dimana satu bom itu dapat menembus beton dan logam tebal, sehingga menciptakan radius ledakan yang luas.

Baca juga: Pertempuran Sengit Hamas Vs Israel di Shujayea, Warga Sipil Lari Tunggang Langgang

Adapun daftar bom yang dipasok AS untuk Israel diantaranya ada 14.000 bom MK-84 seberat 907,1 kg yang dapat menembus logam setinggi 15 inci (38 cm) atau beton setinggi 11 kaki (3,4 m), dan bisa menyebabkan fragmentasi mematikan hingga radius 400 yard (370 meter).

Kemudian ada 3.000 rudal Hellfire yang memiliki jarak tembak mencapai 8.000 meter dengan kecepatan Mach 1.3 (1.591 Km per jam) serta 1.000 bunker penghancur bom, 2.600 bom berdiameter kecil dan 6.500 bom seberat 226,7 kg.

Kendati dunia telah mengecam tindakan AS yang terus memasok senjata perang untuk Israel dalam melancarkan genosida massal di Gaza, namun hal tersebut tampaknya tak membuat AS mundur mendukung negara Zionis tersebut.

Para ahli mengatakan isi kiriman tersebut tampak konsisten dengan kebutuhan Israel untuk mengisi kembali pasokan yang digunakan dalam kampanye militer intensif selama delapan bulan di Gaza.

"Meskipun angka-angka ini dapat dikeluarkan dengan relatif cepat dalam sebuah konflik besar, daftar ini jelas mencerminkan tingkat dukungan yang besar dari Amerika Serikat untuk sekutu Israel," kata Tom Karako, pakar senjata di Pusat Studi Strategis dan Internasional dikutip Times of Israel.

Gedung Putih menolak berkomentar. Sementara Kedutaan Besar Israel di Washington tidak segera menanggapi permintaan komentar tersebut.

Namun satu pejabat AS mengkonfirmasi bahwa pengiriman tersebut merupakan bagian dari daftar senjata yang lebih besar yang dikirim ke Israel sejak konflik Gaza dimulai.

Amerika Jadi Pemasok Utama Senjata Israel

Selama puluhan tahun Amerika Serikat (AS) diketahui menjadi penyokong utama pendanaan militer Israel dalam setiap perang melawan musuh-musuhnya.

Tak tanggung – tanggung untuk membantu pertahanan Israel, setiap tahunnya negeri Paman Sam ini menyumbangkan bantuan militer senilai 3,8 miliar dolar AS atau setara Rp 60,27 triliun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat