androidvodic.com

Israel Mau Gempur Lebanon, Koalisi Milisi Irak Ancam Kepentingan AS, Incar Pipa Minyak ke Yordania - News

Israel Mau Gempur Lebanon, Koalisi Milisi Irak Ancam Kepentingan AS, Mau Serang Pipa Minyak yang Menuju Yordania

News - Faksi Irak mengeluarkan pernyataan yang mengancam melancarkan serangan terhadap kepentingan Amerika Serikat (AS) di Irak dan kawasan jika Israel melancarkan perang terhadap Lebanon.

Ancaman ini muncul setelah pertemuan faksi-faksi Irak yang dikenal sebagai “Koordinasi Perlawanan Irak,” untuk membahas ancaman Israel untuk berperang melawan Lebanon dan Hizbullah.

Baca juga: Drone Milisi Irak Hantam Pangkalan Angkatan Laut Israel di Eilat, Korvet Kelas 6 Saar Melempem

Pernyataan tersebut mengindikasikan bahwa operasi melawan kepentingan AS di Irak dan wilayah tersebut akan meningkat dalam frekuensi dan kualitas, menekankan bahwa kepentingan-kepentingan ini akan menjadi target yang sah bagi elemen perlawanan Irak.

Pernyataan itu juga melontarkan kritik terhadap proyek pipa minyak Aqaba-Basra, yang mereka gambarkan menghabiskan sumber daya Irak dalam jumlah besar tanpa manfaat ekonomi, dan menganggapnya sebagai langkah menuju normalisasi hubungan antara Irak dan Israel yang digaungkan AS.

Jalur pipa yang akan dibangun itu sepanjang 1.680 kilometer dan merupakan alternatif rute ekspor minyak mentah Irak yang mentargetkan untuk memproduksi hingga 8 juta barel per hari minyak mentah pada 2018.

Pipa ini direncanakan akan membentang dari Basra, Irak ke Najaf, sebelah selatan Baghdad, dan kemudian membentang di sepanjang perbatasan Saudi-Irak ke Yordania hingga ke ujungnya di Pelabuhan Aqaba, Yordania.

Mengutip laman Ditjen Migas Kementerian ESDM, saluran pipa Basra-Aqaba diproyeksikan untuk dapat mengalirkan volume minyak mentah sebanyak 1 juta barel per hari.

Proyek pipa minyak Aqaba-Basra
Proyek pipa minyak Aqaba-Basra, yang akan dibangun sepanjang 1.680 kilometer, merupakan alternatif rute ekspor minyak mentah Irak yang mentargetkan untuk memproduksi hingga 8 juta barel per hari minyak mentah pada 2018.

Pembangunan saluran pipa minyak ini merupakan bagian dari skema pembangunan saluran pipa minyak mentah dari Basra ke tiga negara yaitu Yordania, Suriah dan Turki.

Adapun jalur pipa utama dari Basra nantinya, akan terbagi di kota Haditha di utara Irak menjadi 3 pipa yang masing-masing akan mengarah ke tiga negara tersebut.

Pendanaan proyek pipa Basra-Haditha sepanjang 1.000 kilometer akan ditanggung oleh Pemerintah Irak, sedangkan proyek pembangunan saluran pipa ke 3 negara, termasuk Haditha-Aqaba sepanjang 680 kilometer, ditawarkan ke pihak luar. 

Konteks Regional

Sejak awal perang Gaza pada 7 Oktober, Hizbullah dan Israel hampir setiap hari saling melakukan pemboman di perbatasan selatan Lebanon.

Ketegangan antara kedua pihak meningkat dalam beberapa hari terakhir, meningkatkan kekhawatiran akan pecahnya perang skala besar yang dapat memicu konflik regional.

Korban

Kekerasan yang berlanjut selama lebih dari 8 bulan antara Hizbullah dan tentara Israel telah menyebabkan kematian sedikitnya 482 orang di Lebanon, sebagian besar dari mereka adalah pejuang Hizbullah dan 94 warga sipil, menurut jumlah korban yang disiapkan oleh Agence France-Presse .

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat