androidvodic.com

Joe Biden Ketar Ketir Didesak Mundur dari Pilpres AS, Posisinya Bakal Diganti Kamala Harris - News

Laporan Wartawan News Namira Yunia

News, WASHINGTON – Nasib Joe Biden tengah di ujung tanduk usai Partai Demokrat, pemimpin parlemen di DPR AS mendesak Presiden Joe Biden untuk mundur dari pemilihan umum presiden (pilpres) 2024.

Desakan ini diajukan para anggota partai Demokrat AS setelah Joe Biden tampil kurang prima dalam debat calon presiden perdana duel dengan Donald Trump di akhir pekan lalu.

Dalam debat yang digelar selama 90 menit, Biden beberapa kali menjawab pertanyaan dengan gagap. Tak sampai disitu Biden juga sempat berdiri membeku di belakang podium, mulut ternganga, matanya melebar dan tidak berkedip untuk waktu yang lama.

Baca juga: Nama Dua Istri Mantan Presiden AS Masuk Daftar Kandidat Jika Joe Biden Mundur dari Capres

Kepanikan Partai Demokrat mulai terasa ketika Biden mulai berbicara dengan suara yang agak serak. Biden dinilai tak fokus menyerang Trump. Bukannya mengadu data dan program, ia justru menyerang pribadi Trump atas kasus yang sedang menyeretnya.

Imbas performa Biden yang menurun dalam debat capres AS, jajak pendapat singkat yang dihimpun CNN International mencatat, setidaknya ada 67 persen pengamat politik AS yang memilih Donald Trump karena menunjukkan performa yang lebih baik dan berhasil mengalahkan pertahanan Joe Biden dalam debat pilpres yang digelar pada Kamis (27/6/2024) malam.

Hasil suara ini selaras dengan jajak pendapat sebelum debat dimulai, di mana 55 persen publik menduga Trump mampu menghasilkan kinerja yang lebih baik, lebih unggul dari pesaingnya Biden.

“67 persen pengamat memperkirakan Trump akan memberikan kinerja yang lebih baik, lebih unggul ketimbang Joe Biden yang hanya meraup 33 persen suara kinerja yang lebih baik,” jelas pengamat AS.

Alasan ini yang mendorong para anggota partai Demokrat kompak mendepak Joe Biden sebagai kandidat Capres dalam Pilpres 2024. Salah satu staf Dewan Perwakilan Rakyat dari Partai Demokrat mengungkapkan 25 anggota DPR dari Partai Demokrat telah bersiap untuk meminta Biden mundur jika ia tampak semakin goyah dalam beberapa hari mendatang.

Salah satunya ada perwakilan AS, Lloyd Doggett yang menjadi anggota Kongres pertama dari Partai Demokrat yang secara terbuka menyerukan agar Biden mundur dari pemilihan presiden.

Meski masih tahap wacana, namun partai Demokrat telah menyiapkan kadidat pengganti yakni Wakil Presiden Kamala Harris apabila Joe Biden mundur dalam pencalonan Pilpres AS 2024.

Baca juga: Partai Demokrat Tanggapi Wacana Ganti Capres usai Joe Biden Dinilai Babak Belur di Debat Perdana

Menurut tujuh sumber di tim kampanye Biden serta kalangan politisi senior Partai Demokrat, Harris merupakan sosok yang paling tepat untuk menggantikan pria 81 tahun itu.

Selain Haris, beberapa tokoh berpengaruh Demokrat juga mengajukan alternatif kandidat lainnya, seperti anggota kabinet dan Gubernur California Gavin Newsom, Gubernur Michigan Gretchen Whitmer, Gubernur Pennsylvania Josh Shapiro. Namun Harris tetap kandidat paling kuat yang bisa menandingi Trump.

Kabarnya jika Biden ditunjuk sebagai kandidat dari Demokrat, Harris akan mengambil alih dana yang dikumpulkan selama kampanye Biden serta mewarisi infrastruktur kampanye.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat