androidvodic.com

Joe Biden Tetap Maju Pilpres AS usai Kecewakan Partai Demokrat saat Debat Capres - News

News - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan tidak akan mundur dari pencalonannya kembali dalam pemilihan presiden (Pilpres) AS pada November mendatang.

Joe Biden tetap optimis meski mendapat tekanan untuk mundur setelah penampilannya yang buruk dalam debat calon presiden (Capres) melawan mantan presiden AS Donald Trump di Atlanta pada Kamis (27/6/2024) malam.

"Izinkan saya mengatakan ini sejelas mungkin, sesederhana dan sejelas mungkin, 'Saya tetap maju... tidak ada yang mendorong saya keluar'," kata Joe Biden dalam panggilan telepon dengan staf dari tim kampanyenya, kemarin.

"Saya tidak akan mundur. Saya akan terus berjuang sampai akhir dan kita akan menang," lanjutnya.

Staf tim kampanye itu memastikan Joe Biden dari Partai Demokrat akan melanjutkan kampanye kepresidenannya dan tidak akan mundur sama sekali.

Kabar ini muncul setelah terjadi kebocoran dan perbincangan tentang tekanan Partai Demokrat di Kongres AS terhadap penarikan presiden dari pencalonan dalam pemilu mendatang.

Sebelumnya, surat kabar AS, Axios, mengabarkan tentang meningkatnya tekanan di Kongres AS untuk mendorong Joe Biden agar membatalkan upayanya untuk terpilih kembali.

"Joe Biden menghadapi konsensus yang semakin besar di antara para anggota Partai Demokrat yang frustrasi dan kelelahan di Kongres bahwa ia harus membatalkan upayanya untuk terpilih kembali," lapor Axios, kemarin.

"Anggota parlemen menyerah pada kebutuhan Partai Demokrat akan kandidat baru yang tak terhindarkan, dan mencapai konsensus dengan Wakil Presiden Kamala Harris sebagai alternatif," lanjut laporan itu.

Seorang anggota Partai Demokrat di DPR AS mengatakan ia mendengar para delegasi mengaku sangat menyukai Joe Biden, namun mereka sangat ingin dia mundur.

Anggota Partai Demokrat lainnya mengatakan Joe Biden harus mengundurkan diri dan membantu memimpin transisi pencalonan.

Baca juga: Hampir Tidur di Panggung, Joe Biden Ngaku Jeblok saat Debat Lawan Donald Trump

"Partai Demokrat di DPR kewalahan oleh suara-suara gugup dari para pemilih dan pemangku kepentingan di distrik mereka minggu ini, dengan banyak orang mengatakan kepada mereka bahwa Joe Biden tidak bisa menang, jadi dia harus mundur," kata anggota Partai Demokrat lainnya.

Sebelumnya, Joe Biden mengakui penampilannya yang buruk dalam debat melawan Donald Trump.

"Saya tahu saya bukan anak muda, untuk menyatakan hal yang jelas," kata Joe Biden, Jumat (28/7/2024).

Ia mengakui dirinya beberapa kali melakukan kesalahan verbal dan kurang maksimal saat debat.

"Saya tidak berjalan semudah dulu, saya tidak berbicara semulus dulu, saya tidak berdebat sebaik dulu," katanya.

"Saya tidak akan mencalonkan diri lagi jika saya tidak yakin dengan sepenuh hati dan jiwa bahwa saya mampu melakukan pekerjaan ini. Taruhannya terlalu tinggi," tambahnya, dikutip dari Reuters.

Penyampaian Joe Biden yang tersendat-sendat dan komentarnya yang bertele-tele membuat anggota Partai Demokrat ragu dengan kemampuannya untuk memimpin AS selama empat tahun lagi.

(News/Yunita Rahmayanti)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat