androidvodic.com

Siapa Sir Keir Starmer, perdana menteri baru Inggris setelah Partai Buruh menang Pemilu 2024? - News

Partai Buruh secara resmi memenangkan Pemilihan Umum Inggris 2024, setelah meraih lebih dari setengah kursi di parlemen.

Hasil ini menjadikan Sir Keir Starmer sebagai perdana menteri baru Inggris, menggantikan Rishi Sunak.

“Perubahan dimulai dari sekarang,” kata Starmer saat berpidato di pusat kota London.

“Jujur, rasanya menyenangkan,” katanya kepada kerumunan pendukungnya yang bersorak-sorai.

Partai berhaluan kiri-tengah ini kembali berkuasa setelah 14 tahun berada di bawah pemerintahan sayap kanan Partai Konservatif. Partai Buruh juga kini menguasai mayoritas kursi di parlemen.

Starmer merupakan mantan kepala jaksa penuntut dan pengacara hak asasi manusia yang masuk ke parlemen pada tahun 2015.

Sementara itu, Rishi Sunak akan terus memimpin Partai Konservatif yang mendapat hasil pemilu terburuk mereka dalam lebih dari satu abad terakhir.

Robert Buckland, mantan menteri dari Partai Konservatif yang kehilangan kursinya, menggambarkan situasi ini sebagai "Armageddon pemilu".

Kemenangan telak Partai Buruh

Majelis Rendah (House of Commons) Inggris memiliki 650 anggota parlemen. Masing-masing anggota parlemen mewakili konstituen individu atau area di suatu tempat di Inggris Raya.

Dalam perhitungan sementara, Partai Buruh meraih 393 kursi. Adapun Partai Konservatif meraih 103 kursi.

Sebelum hasil resmi diumumkan, exit poll telah memproyeksikan Partai Buruh akan memenangkan 410 kursi, Partai Konservatif meraih 131 kursi, Partai Liberal Demokrat 61 kursi, dan Partai Reformasi Inggris (penerus Partai Brexit) 13 kursi. Sisanya didapat oleh partai-partai lain maupun anggota independen.

Hasil itu akan memberi Partai Buruh mayoritas 170 kursi. Jumlah ini sangat besar, meski tidak sebesar kemenangan partai ini yang meraih mayoritas 179 kursi saat dipimpin oleh Tony Blair pada 1997.

Sebagai gambaran lebih luas, kemenangan Boris Johnson pada Pemilu 2019 membuat Partai Konservatif meraih mayoritas 80 kursi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat