androidvodic.com

Kampanye SATU: Cara Kendalikan Kadar Kolesterol untuk Jaga Kesehatan Jantung - News

News - Penyakit kardiovaskuler masih menjadi ancaman bagi kesehatan di Indonesia. Berdasarkan data World Heart Report 2023 yang dikeluarkan World Heart Federation, dalam beberapa dekade penyakit jantung dan pembuluh darah menjadi penyebab utama kematian di dunia.

Berkaitan dengan data tersebut, dari berbagai faktor yang ada, sekitar 3,8 juta kematian akibat penyakit jantung dan pembuluh darah disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. 

Untuk itu, menjaga kesehatan tubuh dengan mengendalikan kadar kolesterol menjadi hal penting sehingga dapat turut membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Mendukung hal tersebut, PT Sanghiang Perkasa (KALBE Nutritionals) melalui Nutrive Benecol pun ambil bagian dan bekerja sama dengan Yayasan Jantung Indonesia (YJI) cabang Provinsi DKI Jakarta untuk mengadakan Festival Jantung Sehat dan juga donasi kolesterol.

Melalui kegiatan ini, Director of Adult and Specialized Nutrition KALBE Nutritionals Robertus Purba berharap setiap masyarakat Indonesia dapat terlibat aktif menjaga kesehatan khususnya menjaga kadar kolesterol dalam darah.

Baca juga: Kolesterol Bisa Serang Siapa Saja Bahkan dari Usia Muda, Ayo Cegah Sejak dini!

Jaga kolesterol dengan Kampanye SATU

Diketahui salah satu penyebab munculnya penyakit jantung adalah gaya hidup yang tidak sehat, diikuti dengan makan tidak seimbang. Untuk itu, dalam kesempatan ini, Robertus turut mengajak masyarakat Indonesia menjaga kesehatan jantung dengan kampanye SATU.

Kampanye SATU terdiri atas empat hal yang dapat dilakukan untuk membantu mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh. Pertama, huruf S yang berarti Sadari kondisi tubuh dengan rutin cek kesehatan. Kedua, A yaitu Awasi berat badan dengan asupan gizi seimbang dan menjaga pola makan.

Ketiga yaitu huruf T yaitu Terapkan pola hidup sehat, istirahat cukup, kelola stres, hindari rokok dan alkohol, serta rutin berolahraga. Keempat, yaitu huruf U yang berarti Utamakan masa depan yang lebih baik mulai dari sekarang untuk diri sendiri, keluarga, dan sesama.

"Tentunya ini menjadi kontribusi positif dan langkah nyata. Terutama bertepatan juga dengan momentum 15 tahun Nutrive Benecol ada di Indonesia untuk membantu masyarakat Indonesia menjaga kesehatan jantungnya,” ungkapnya di Jakarta Timur, Sabtu (28/10/2023). 

Sebagai informasi, kegiatan diadakan untuk menjaga kesehatan tubuh dengan mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh serta membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Diikuti kurang lebih 500 peserta dari seluruh Indonesia, donasi kolesterol dari program pilot project 14 Days Challenge sendiri sudah berlangsung sejak Agustus hingga awal Oktober lalu. 

Dimana, setiap penurunan angka kolesterol setelah mengonsumsi Nutrive Benecol disertai pola hidup sehat selama rutin 14 hari, akan dikonversikan senilai Rp10.000 dan didonasikan melalui Yayasan Jantung Indonesia.

“Kolaborasi positif dengan berbagai pihak serta melanjutkan edukasi yang konsisten untuk masyarakat Indonesia untuk mendukung pentingnya menjaga kesehatan menjadi hal prioritas yang kami lakukan. Tentu dengan menjaga kadar kolesterol dalam darah dengan pola makan sehat dan aktif bergerak menjadi langkah positif dan berdampak besar bagi kita semua untuk terhindar dari penyakit jantung di kemudian hari,” ujar Robertus.

Sementara itu, Ketua Yayasan Jantung Indonesia Cabang Provinsi DKI Jakarta Ir. Rolet Sinaga M.M. mengapresiasi kegiatan ini. 

“Kami tentunya menanggapi secara positif dengan diadakannya kegiatan donasi kolesterol serta Festival Jantung Sehat ini. Kami berharap kegiatan ini semakin rutin dilakukan dan menjadi pendorong bagi masyarakat bahwa lewat tindakan sederhana yaitu menjaga dan menurunkan kolesterol dapat menjadi sesuatu yang besar dalam menurunkan risiko penyakit jantung,” lanjut Rolet.

Baca juga: Kolesterol Tinggi dan Penyakit Jantung, Apa Kaitannya?

Raih apresiasi dari MURI

Kegiatan donasi kolesterol yang dilakukan oleh Nutrive Benecol juga mendapatkan apresiasi dari Museum Rekor Indonesia (MURI). Adapun rekor yang tercatat adalah “Pengurangan Akumulasi Satuan Kolesterol Pertama untuk Donasi (Selama 14 Hari)”.

Konferensi Pers Peringatan World Heart Day 2023 : Festival Jantung Sehat dan Kampanye Donasi Kolesterol dari Nutrive Benecol di Jakarta Timur, Sabtu (28/10/2023).
Konferensi Pers Peringatan World Heart Day 2023 : Festival Jantung Sehat dan Kampanye Donasi Kolesterol dari Nutrive Benecol di Jakarta Timur, Sabtu (28/10/2023). (Istimewa)

Wakil Direktur MURI, Osmar Semesta Susilo menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh Nutrive Benecol dan Yayasan Jantung Indonesia Cabang Provinsi DKI Jakarta ini. Osmar mengungkapkan, selain menjadi yang pertama dilakukan di Indonesia, kegiatan ini tentunya memiliki makna tersendiri bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Kita sama-sama mengetahui penyakit jantung masih menjadi penyumbang nomor satu kematian di Indonesia dan setiap individu harus ekstra berhati-hati jika sudah mengalami gejala- gejalanya. Oleh karena itu, pemberian rekor dari MURI ini pun menjadi lambang dan penyemangat bagi pihak yang terlibat untuk terus membantu masyarakat Indonesia menjadi lebih sehat,” pungkasnya.

Berbicara mengenai kadar kolesterol, produk Nutrive Benecol milik PT Sanghiang Perkasa (KALBE Nutritionals) telah teruji klinis membantu menurunkan kolesterol hingga 10 persen jika dikonsumsi secara rutin 2x sehari langsung setelah makan. 

Hal ini dikarenakan kandungan Plant Stanol Ester (PSE) yang terdapat di produk Nutrive Benecol memiliki struktur yang mirip dengan kolesterol dan dapat berfungsi untuk menghalau penyerapan kolesterol di sistem pencernaan. 

Hadir dalam bentuk Smoothies (susu dengan sari buah), Nutrive Benecol memiliki pilihan rasa buah seperti Blackcurrant, Strawberry, Lychee, dan Orange. Kini juga telah hadir Nutrive Benecol Yogurt #BukanYogurtBiasa, yogurt pertama di Indonesia yang tidak hanya baik untuk pencernaan, tetapi juga bisa membantu menurunkan kolesterol karena mengandung Plant Stanol Ester.

Baca juga: Nikmatnya Makan Enak Tetap Hidup Sehat: Saatnya Merdeka dari Kolesterol!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat