androidvodic.com

Deteksi Dini Potensi Caesar, Apa yang Harus Dilakukan Ibu Hamil? - News

Laporan Wartawan News, Aisyah Nursyamsi

News, JAKARTA - Ibu hamil sebaiknya memiliki pemahaman tentang keuntungan dan risiko dari metode persalinan yang dipilih.

Selain risiko yang dihadapi Ibu, metode kelahiran juga dapat berpengaruh pada kesehatan si Kecil. 

Oleh karena itu, persiapan matang dalam mempersiapkan kelahiran, termasuk dalam menentukan metode kelahiran merupakan hal yang penting dilakukan.

Di sisi lain, persalinan caesar terus meningkat secara global dengan jumlah lebih dari 1 di antara 5 (21%) dari semua kelahiran. Sementara, dalam skala nasional angka prevalensinya hampir 18% (RISKESDAS 2018). 

Peningkatan umum faktor-faktor risiko ibu menjadi bagian besar atas meningkatnya persalinan caesar di seluruh dunia. 

Baca juga: Ibu Hamil Perlu Ketahui Risiko Persalinan Caesar

Tingginya jumlah tindakan persalinan caesar perlu diimbangi dengan pengetahuan mengenai manfaat dan risiko metode tersebut, terutama bagi kesehatan anak. 

Oleh karenanya, untuk memudahkan orangtua dalam melakukan deteksi dini potensi caesar, Danone SN Indonesia melalui Nutriclub meluncurkan Tes Potensi Caesar 2.0. 

Tools digital ini merupakan pengembangan dari Tes Potensi Caesar yang diluncurkan pada tahun 2020.

Tes Potensi Caesar 2.0 by Nutriclub dikembangkan berdasarkan studi literatur dan validasi hasil oleh ahlinya yaitu Dr. dr. Rima Irwinda, SpOG(K). 

Dengan flow test yang lebih simpel, tes dapat dilakukan dengan praktis dan cepat karena hanya membutuhkan waktu dua menit. 

Hasil tes memberikan informasi yang lebih akurat dan komprehensif berupa angka persentase tingkat potensi Caesar dengan skala low,medium hingga high risk.

"Hasil tes juga sudah dipersonalisasi sesuai dengan kondisi yang sedang dialami Ibu sehingga dapat digunakan sebagai data penunjang saat berkonsultasi dengan dokter sebagai bahan pertimbangan," ungkap Digital Manager Danone Indonesia Ceasyalya Tahara secara virtual, Rabu (27/10/2021).

Cara penggunaan mudah, praktis, dan tidak memakan banyak waktu. Dengan mengetahui metode kelahiran sejak dini, orangtua dapat mempersiapkan kelahiran dengan lebih matang.

Tes Potensi Caesar 2.0 by Nutriclub bertujuan untuk membantu mengetahui potensi caesar pada kehamilan. Agar nantinya Ibu dapat mempersiapkan persalinan caesar dengan lebih baik dan matang. 

Meliputi persiapan sebelum, saat, dan sesudah persalinan. Hal yang perlu dipersiapkan secara matang dalam persiapan persalinan antara lain kesiapan mental, finansial, dan strategi intervensi yang tepat. 

Agar dapat meminimalkan dampak dari metode persalinan yang dipilih. Termasuk mengoptimalkan pemberian ASI selama 6 bulan pertama kehidupan. 

Lalu dilanjutkan sampai usia 2 tahun dengan pengenalan MPASI yang aman dan tepat. Tes Potensi Caesar 2.0 dapat diakses melalui www.nutriclub.co.id.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat