androidvodic.com

Alasan Makanan Mengandung Tepung Dapat Tingkatkan Kadar Gula - News

Laporan Wartawan News, Aisyah Nursyamsi

News, JAKARTA- Pada umumnya, makanan tepung kerap tidak disarankan bagi mereka yang ingin mengurangi berat badan. Begitu pun pada pengidap diabetes.

Mengapa demikian? Menurut dr Santi dari Medical Center Kompas Gramedia, semua jenis tepung termasuk jenis karbohidrat sederhana yang harus dibatasi.

"Bukan gak boleh, tapi harus dibatasi. Karena tepung gampang dikunyah dan dicerna. Nah kalau dikunyah gampang di mulut, di lambung biasanya gampang dicerna," ungkapnya pada kanal YouTube Sonora FM dikutip Tribunnews, Rabu (4/3/2022).

Jika lambung sudah halus maka mudah diserap dan langsung masuk ke darah. Hal ini menyebabkan peningkatan pada gula darah.

Baca juga: Pahami Kadar Gula dalam Hindangan Lebaran

Karena meningkat naik, tubuh akan mengeluarkan insulin yang banyak. Maka terjadilah penurunan jumlah gula yang sangat cepat.

Sedangkan pada makanan yang butuh dikunyah lebih lama, misalnya sayur kangkung, maka proses pencernaan di lambung juga tidak sebentar.

"Sehingga menyebabkan kadar peningkatan kadar gula lebih seimbang dan terkontrol. Gak bikin gula naik dan turun sehingga lebih stabil," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat